oleh

Turut Promosikan Kesenian Lubuklinggau

MAN 1 Sukses Gelar MANSA Art Competition 2017

18-19 November 2017 MAN 1 Model Lubuklinggau MANSA Art Competition (MAC). Event perdana ini diisi berbagai perlombaan seni tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas.

Laporan Qori Musdalifah, Kali Serayu

KEPALA MAN 1 Lubuklinggau, Taslim sangat bersyukur ajang kompetisi seni perdana MAN 1 Lubuklinggau sukses di gelar.

“Alhamdulillah, ajang ini berjalan dengan sukses. Terima kasih kepada semua sekolah baik tingkat SMP dan SMA yang turut berpartisipasi dalam kegiatan seni ini. Serta kepada semua donatur, sponsor, dan juri yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Lanjutnya, terima kasih juga saya sampaikan kepada semua panitia penyelenggara dan pihak sekolah, baik itu guru, staf dan siswa, OSIS dan IAC semuanya yang telah bekerja keras dari awal pembentukan kegiatan hingga akhir kegiatan hari ini.

Taslim juga mengatakan selain dalam rangka untuk membangkitkan rasa semangat Nasionalisme pelajar melalui seni. Kegiatan ini juga merupakan upaya MAN 1 Lubuklinggau dalam mengajak para pelajar untuk bersama-sama menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Terlihat walaupun sebagai sekolah islam, ada beberapa dari sekolah yang mayoritas non muslim pun turut berpartisipasi dalam kegiatan MAC ini. Ini terlihat bahwa kegiatan MAC yang kita gelar ini juga sebagai wadah untuk memupuk atau mempererat rasa persatuan dan kesatuan, rasa kebersamaan, rasa saling mencintai, hormat menghormati antar sesama, khususnya pelajar, walaupun kita memiliki suku, agama dan adat istiadat serta budaya yang berbeda-beda,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Taslim, saya katakan NKRI harus tetap hidup dan kita sebagai bangsa Indonesia harus tetap menjaga NKRI dari segala ancaman yang dapat membahayakan keutuhan NKRI.

Selain itu, Taslim juga menjelaskan kegiatan MAC ini adalah salah satu bentuk dukungan dan kontribusi MAN 1 Model kepada Kota Lubuklinggau, dalam membantu mempromosikan kesenian daerah Kota Lubuklinggau.

“Iya, ini juga adalah salah satu cara MAN 1 membantu Kota Lubuklinggau dalam mempromosikan kesenian daerah melalui lagu-lagu daerah. Karena dalam kegiatan MAC ini, lomba lagu daerah sepenuhnya menggunakan lagu daerah Kota Lubuklinggau. Dan ini juga salah satu cara kita untuk mengajak anak-anak pelajar mencintai budaya daerahnya sendiri, melihat saat ini banyaknya budaya –budaya asing yang cukup mempengaruhi generasi muda saat ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, diharapkan tidak hanya meningkatkan kecintaan para pelajar terhadap NKRI serta membentuk semangat mereka agar tidak lupa bahwa kita Bangsa Indonesia adalah bangsa yang satu dan utuh. Tetapi juga dapat memupuk rasa kecintaan mereka agar lebih mencintai kesenian budaya daerah sendiri. Sekaligus kegiatan ini untuk mengembangkan bakat, kemampuan dan potensi anak di bidang seni.

Ajang MAC yang bertemakan ‘Bersama seni Hidupkan Semangat Nasionalisme’ ini memperlombakan berbagai cabang perlombaan seni. Dinataranya lomba Mural Lukis dinding Tingkat SMA/MA/SMK sederajat, lomba cipta baca puisi tingkat SMP/MTs Sederajat dengan jumlah 78 peserta dan lomba solo vokal tingkat SMA/MA/SMK sederajat dan SMP/MTs Sederajat dengan jumlah 15 peserta.

Dan para pemenang MAC Tahun 2017 sebagai berikut : Cabang lomba cipta baca puisi Juara 1 Ghaitsa Hamada (MTsN Lubuklinggau), Juara 2 Nopran Riyan Agung (SMPN 2), Juara 3 Salma Naswa (SMP Al ikhlas), Juara Harapan 1 Syaidah Nur Aisyah (SMPN 2), Juara Harapan 2 Sri Oktaviani (SMPIT Annajiyah), dan Juara harapan 3 sabrina Mutiara Gani (SMPIT Al Qudwah).
Cabang Lomba Mural (Lukis dinding), Juara 1 SMAN 4 Lubuklinggau, Juara 2 SMAN Lubuklinggau, Juara 3 SMAN Tugumulyo, Juara Harapan 1 dan 2 SMAN 5 Lubuklinggau dan Juara Harapan 3 SMAN 1 Lubuklinggau.

Untuk kategori Lagu Daerah Tingkat SMP putra, Juara 1 diraih M Bintang (SMPN 3),Juara 2 Valentinus Bagas D ( SMP Xaverius ), juara 3 Arif Afidzin (MTsN), Juara Harapan 1 Fitrah Bimo (SMPN 9), Juara Harapan 2 Adi Kusumo (SMPN O Mangunharjo), dan Juara Harapan 3 Berlian (SMPN 6).

Sedangkan kategori Cabang Lagu Daerah Tingkat SMP Putri, Juara 1 Amanda (SMPN 7), Juara 2 Nadin Silitonga (SMP Xaverius), Juara 3 Rahma Exie (SMPN O Mangunharjo, Juara Harapan 1 Misti Khoirinsyiroh (PPM Al Ikhlas), Juara harapan 2 Liza Sawitri, Juara Harapan 3 Taura Vanusra (SMPN 7).

Sementara Cabang Lagu Daerah Tingkat SMA Putra Juara 1 Ananda Saputra (SMKN 1), Juara 2 Yasino (SMK Muara Beliti), Juara 3 Rangga Noviansyah ( SMAN 2), Juara Harapan 1 Randy Mardiansyah (SMAN 5), Harapan 2 Wahid Nugroho ( SMAN 2), Harapan 3 Jerry Hidayat (SMKN Muara Beliti).

Juara Lagu Daerah Putri Tingkat SMA, Juara 1 Regia Fitriani (SMKN 1), Juara 2 Refami Hutabarat (SMA Xaverius), Juara 3 Lica Hanifah (SMAN 3), Harapan 1 Sa’diyah Sariwati (SMAN Tugumulyo, Harapan 2 Nanda Rahma (SMAN 1), dan Harapan 3 Nanda Setiana Kasih (SMKN Tugumulyo). (*)

Komentar

Rekomendasi Berita