oleh

Tuntaskan Masalah Kesehatan Lubuklinggau Ilir

Warga Kelurahan Lubuklinggau Ilir menyimak penjelasan tim kesehatan dari Puskesmas Sidorejo, di Kantor Lurah Lubuklinggau Ilir, Jumat (2/2).

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Wilayah Kerja Puskesmas Sidorejo yang meliputi delapan kelurahan se-Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Terakhir yang difokuskan di Kelurahan Lubuklinggau Ilir.

Acara yang dibuka Sekretaris Kelurahan Lubuklinggau Ilir, Yuli Mayasari itu merupakan kegiatan rutin tahunan. Menurut Kepala BLUD Puskesmas Sidorejo, Hj Ratna Dewi MMD sebelumnya diawali dengan Survei Mawas Diri (SMD) secara sampling sehingga didapatkan prioritas masalah yang ada di wilayah kelurahan tersebut.

“Meskipun Kota Lubuklinggau sudah tidak memiliki desa lagi, tetapi tetap memakai nama MMD karena belum ada petunjuk pusat tentang perubahan nama. Dalam kegiatan MMD tersebut dibuka forum diskusi yang di dalamnya ada tanya jawab, masukan, kritik, saran dan harapan dari masyarakat tentang program Kegiatan Puskesmas Sidorejo,” jelas Hj Ratna Dewi kepada Linggau Pos, Sabtu (3/2).

Prioritas yang terdapat di Kelurahan Lubuklinggau Ilir meliputi masyarakat yang merokok 164 Kepala Keluarga (KK) dari 189 KK yang didata, masyarakat yang menggantung pakaian setelah dipakai berjumlah 127 KK dari 189 KK yang didata. Lalu, masyarakat yang membuat septic tank lebih dari 10 meter dari sumur berjumlah 63 KK dari 109 KK yang mempunyai sumur. Lalu, rata-rata masyarakat yang didata hanya menggosok gigi pada saat mandi saja.

“Ini yang amat jadi perhatian kami. Karena idealnya, masyarakat gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur,” jelasnya.

Setelah penyampaian permasalahan, masyarakat diminta untuk memberikan tanggapan umpan balik tentang permasalahan tersebut. Masyarakat pun antusias dalam memberikan tanggapannya.

Salah satunya, masalah menggantung pakaian setelah dipakai, mereka sepakat untuk menggantung pakaian setelah dipakai di tempat tertutup.

Lalu, masalah membuat saptic tank lebih dari 10 meter dari sumur, masyarakat mau membuat septic tank yang memenuhi standar. Tapi terkendala dengan lahan yang sempit.

Acara MMD di Kelurahan Lubuklinggau Ilir diakhiri dengan penandatanganan komitmen kesanggupan masyarakat menurunkan presentasi masalah yang ada di kelurahan tersebut.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita