oleh

Tunggal Putra Merah Putih Tak Tersisa

Thailand Masters 2019

BANGKOK– Tunggal putra Indonesia tak lagi memiliki wakil di ajang Thailand Masters 2019, setelah Firman Abdul Kholik terhenti di babak perempat final oleh Lu Guangzhou.

Dalam pertandingan yang digelar di Hua Mark Indoor Stadium, Bangkok, Thailand, Jumat (11/1) kemarin itu, Firman kalah dari wakil China itu lewat straight game dengan skor 15-21 dan 17-21.

Sebenarnya Firman bermain dengan baik di awal game pertama dan sempat memimpin 4-2. Namun, Lu berhasil mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 5-5. Tak hanya menyamakan kedudukan, bahkan Lu berhasil memimpin 9-6 atas Firman.

Tak mudah menyerah, Firman mencoba untuk mengejar ketertinggalannya atas Lu menjadi 9-10. Namun, Lu berhasil memanfaatkan momentum dan mengakhiri interval pertama dengan skor 11-9.

Kejar-mengejar poin terlihat usai jeda interval pertama, dimana Firman kembali berusaha mendakati selisih skor 12-14.

Namun sayang, Lu berhasil mempertahankan ritme pertandingan dan beberapa kali Firman juga kerap melakukan kesalahan membuat pebulutangkis asal China itu membuka jarak hingga 19-13.

Lagi-lagi, Firman mencoba untuk mengejar ketertinggalan poinnya tersebut menjadi 14-19. Namun, satu poin yang didapat Firman itu, dibalas oleh Lu dengan mencipatkan match point 20-14.

Sebelum Lu memastikan kemenangan di game pertama ini, Firman sempat mencetak satu point. Sehingga akhirnya game pertama berkesudahan dengan skor 21-15 untuk kemenangan Lu.

Memasuki game kedua, persaingan ketat kedua pebulutangkis ini terjadi. Bahkan, di awal pertandingan game kedua ini, kedua pemain sempat memiliki poin imbang 5-5.

Diimbangi sang lawan, Firman mencoba menemukan ritme permainannya. Alhasil ia berhasi unggul atas Lu 8-5. Namun, langkah Firman lagi-lagi dapat dimatikan sang lawan, sehingga skor kembali imbang 12-12.

Setelah berhasil mengimbangi Firman, Lu bermain lebih agresif, dan berhasil membuka jarak 15-12 setelah mencetak tiga poin beruntun.

Firman mencaoba menipiskan jarak menjadi 13-16, tetapi pemain berusia 22 tahun itu berhasil mempertahankan keunggulan dan menjauh 18-13. Sejak itu, Lu yang sudah memegang kendali permainan berhasil memastikan diri sebagai pemenang dengan skor 21-17.

Dengan kekalahan yang diterima Firman ini, tak menyisakan wakil tunggal putra di ajang Thailand Masters 2019. Bahkan, kekalahan ini juga membuat Firman gagal membalas kekalahannya atas Lu di pertemuan sebelumnya.

Di mana pada pertemuan sebelumnya di ajang China Masters 2016, Firman juga berhasil dikalahan oleh LU yang kala itu menjadi tuan rumah, dengan skor 15-21 dan 20-22. Dengan kata lain, Firman semakin tertinggal dalam rekor pertemuan dengan Lu menjadi 0-2.

Selain itu, Lu yang berhasil masuk ke babak semifinal Thailand Master 2019, akan berhadapan dengan seniornya, Lin Dan.

Petenis asal China yang menjadi unggulan pertama di ajang Thailand Masters 2019 itu, lolos ke babak empat besar setelah menumbangkan wakil tuan rumah, Chaem June Wei lewat rubber game denga skor 14-21, 21-16 dan 21-8.

Selain Firman, hasil yang sama juga dirasakan oleh pasangan ganda campuran Indonesia, Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow yang gagal melangkah ke babak semifinal Thailand Masters 2019.

Hasil itu didapat usai, Akbar/Winny di kalahkan oleh pasangan Hongkong yang menjadi unggulan kedepalan, Tang Chun Man/Ng Tsz Yau lewat straight game dengan skor 21-19 dan 21-15 dalam waktu 32 menit.

Akan tetapi, hasil berbeda diterima tunggal putri Indonesia, Fitriani yang berhasil mengalahkan Yeo Jia Min. Fitriani berhasil mengalahkan wakil Singapura itu lewat rubber game dengan skor 14-21, 21-15, dan 21-18.

Hasil dari pertarungan sengit yang berjalan selama 1 jam itu membuat Fitriani berhak atas tiket babak semifinal yang akan berlangsung hari ini, Sabtu (12/1). (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita