oleh

Tumbuhkan Nasionalisme, Murid Belajar Tari

LINGGAU POS ONLINE, PASENAN – Menumbuhkan nasionalisme pada generasi bangsa memang tak bisa instan. Oleh karenanya, Guru Program Indonesia Mengajar Syafaruddin berusaha ambil bagian untuk mewujudkan calon pemimpin berjiwa nasionalis.

“Caranya, saya kenalkan kepada mereka tentang keanekaragaman tari. Dan alhamdulillah mereka antusias. Tari pertama yang dipelajari adalah Tari Saman, dari Nangroe Aceh Darussalam (NAD),” jelas Syarifuddin, Sabtu (9/12).

Syafaruddin menyadari, nasionalisme itu penting dipupuk setiap saat. Bahkan dalam setiap momen pendidikan.

“Saya kebetulan bukan orang Sumatera atau tidak pernah menarikan tarian Sumatera, namun berkat pengalaman selama tergabung di lembaga seni semasa kuliah, akhirnya bisa mengajarkan ini kepada anak didik saya. Saya ingin mereka tahu tentang Indonesia dan keanekaragamannya, lalu mereka mensyukuri dan berusaha untuk menjaga itu (Aset kesenian bangsa, red),” tutur Syafaruddin.

Disamping itu, kegiatan ini juga mampu mengembangkan minat dan bakat murid di bidang seni dan keterampilan.

“Sebab, tidak semua dari mereka akan sukses dengan modal piawai dalam akademik. Belajar dari tokoh-tokoh sukses saat ini, banyak yang mengawali kariernya dari seni, olahraga dan keterampilan. Mereka justru bisa mencapai puncak dengan menekuni potensi itu. Yang terpenting saya selalu sampaikan ke anak-anak, setiap dari mereka punya kelebihan. Dan masa-masa sekolah inilah saatnya menggali potensi itu,” jelasnya.

Yang dikenalkan Syafaruddin kepada peserta didiknya Sabtu kemarin, tentang Tarian Saman yang menggunakan dua unsur gerak yakni tepuk tangan dan tepuk dada. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita