oleh

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Market day adalah salah satu pendidikan yang bertujuan memberikan pemahaman dan kesadaran yang relatif lebih utuh tentang kehidupan. Tujuannya membentuk struktur emosi dan mentalitas yang lebih stabil, serta membangun sikap-sikap keseharian yang lebih tercerahkan dari waktu ke waktu.

Market day ini juga aktivitas pembelajaran enterpreneur, di mana anak-anak diajarkan bagaimana memasarkan produk kepada teman, guru atau pun kepada pihak luar. Dan kegiatan ini biasanya berbentuk bazar atau pasar yang diselenggarakan sekolah.

Seperti yang pernah dilaksanakan SD Terpadu Uswatun Hasanah pada Desember 2017 lalu. Pada kegiatan Market Day, penjualnya adalah para murid kelas satu dan kelas dua. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orang tua wali murid. Dari pagi hari, anak-anak dibantu oleh orang tua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di-booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia.

Kepada Linggau Pos, Kepala SDT Uswatun Hasanah Nelly Yusnaini mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Sekaligus memberikan pengalaman langsung menjadi penjual dan pembeli kepada anak-anak didik.

“Melalui Market Day ini dapat menjadi sarana belajar bagi anak dalam menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini. Karena di dalam kegiatan ini mereka bisa merasakan dan melihat langsung interaksi antara penjual maupun pembeli,” jelasnya.

Ada beberapa keterampilan yang dapat ditumbuhkan melalui  kegiatan market day ini. Diantaranya anak-anak dituntut untuk bisa menghitung, seperti menghitung uang kembalian dari barang yang dijual. Selain itu di dalam kegiatan ini, anak-anak dituntut untuk bisa mengasah keterampilan marketing yakni menawarkan atau memasarkan barang dagangannya.

“Selain keterampilan-keterampilan tersebut, beberapa nilai yang dapat ditumbuhkan dalam kegiatan ini, diantaranya adalah keberanian, pantang menyerah, ketelitian, dan lain sebagainya,”ungkapnya.

Acara yang dikemas layaknya seperti pasar ini, membuat anak-anak SDT Uswatun Hasanah lebih antusias memasarkan produk yang dijual di stannya masing-masing.

“Diharapkan, bila sejak dini anak-anak sudah diajarkan tentang kewirausahaan maka nantinya ke depan akan lahir generasi para pengusaha muslim yang tangguh. Dan kegiatan ini bisa mengajarkan anak dalam mendapatkan sesuatu perlu kerja keras,” harapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita