oleh

Tukijo: Terima Kasih Pak Walikota, Rumah Saya Diperbaiki

HARI ini (13/12), Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe akan menyerahkan buku rekening dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Dana dikucurkan untuk pelaksanaan kegiatan program peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, perumahan swadaya dengan sasaran Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR).

Kegiatan ini bersumber dari APBN 2017 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PERA) RI melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (Perkim) Kota Lubuklinggau.

Bantuan itu akan diterima langsung oleh 408 warga pemilik rumah yang mendapat bantuan dana BSPS tahun 2017. Penyerahan secara simbolis oleh Walikota Lubuklinggau kepada warga penerima manfaat, bertempat di Gedung Kesenian Sebiduk Semare Kota Lubuklinggau, Jalan Garuda, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Lubuklinggau, Emra Endi Kesuma, Selasa(12/12).

Menurut Emra sapaannya, tahapan pelaksanaan kegiatan BSPS ini sudah dimulai sejak Juni lalu, dan akan berakhir Desember 2017.

“Mengapa penyerahan simbolis ini baru dilaksanakan di Desember 2017? Karena kita masih melakukan verifikasi berkas persyaratan rumah warga penerima manfaat. Setelah semua berkas dinyatakan lengkap (valid), maka kita melakukan penyerahan buku rekening 408 warga yang menerima bantuan untuk peningkatan kualitas rumah tidak layak huni,” jelas Emra.

Untuk Kelurahan Margamulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, program BSPS dilaksanakan pada tahapan ke IV, dimulai dari kegiatan perbaikan rumah Tukijo(82), warga Gang Kutilang, RT 01 Kelurahan Margamulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Selasa(12/12).

Awal kegiatan bedah rumah untuk Kelurahan Margamulya itu disaksikan langsung oleh Lurah Margamulya, H Ahmad Riza Fikri, bersama Sekretaris Lurah (Seklur) Margamulya, Imam Wahyudi, dimulai dengan pembongkaran dinding rumah berukuran 8,80 x 8,30 m2 yang terbuat dari papan kelas 4. Dan kegiatan itu juga diawasi langsung oleh Yuliansyah, selaku anggota Tim Pengawas pelaksanaan program BSPS tingkat kecamatan.

Tukijo, mengucapkan terima kasih kepada Walikota Lubuklinggau, H SN Putra Prana Sohe, atas bantuan bedah rumah miliknya.

“Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Pemkot Lubuklinggau dibawa kepemimpinan Bapak Putra Prana Sohe. Dengan bantuan ini rumah saya bisa diperbaiki, karena kalau tidak ada bantuan dari pemerintah, tidak mungkin saya bisa memperbaiki rumah yang sudah saya tempati sejak tahun 1980-an ini,” kata Tukijo.

Menurut bapak tiga orang anak itu, rumah yang ditempatinya dihuni oleh tiga Kepala Keluarga (KK), yaitu keluarga anak kedua dan anak ketiganya, dengan lima orang cucu. Tukijo tidak bisa lagi bekerja atau tidak punya penghasilan, karena sudah lanjut usia. Sedangkan kedua anak yang sudah menjadi kepala keluarga tadi bekerja sebagai buruh bangunan dan toko bangunan.

Lurah Margamulya, H Ahmad Riza Fikri, didampingi Seklur Margamulya, Imam Wahyudi membenarkan bahwa kegiatan bedah rumah di wilayah Margamulya sudah dimulai Selasa(12/12), dimulai rumah dari Tukijo, warga RT 01 Margamulya.

Untuk Margamulya ada 16 rumah yang akan dibedah, masing-masing warga akan mendapatkan barang dan material bangunan senilai Rp 15 juta.(20)

Komentar

Rekomendasi Berita