oleh

Tujuh Puksesmas di Rejang Lebong Dirancang Jadi BLUD

LINGGAU POS ONLINE- Dari 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong, 14 diantaranya sudah menerapkan sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sementara tujuh diantaranya sedang proses penilaian untuk dijadikan BLUD. Antara lain Puskesmas Kota Padang, Sindang Beliti Ilir, Kepala Curup, Simpang Nangka, Sindang Jati, Sindang Dataran dan Puskesmas Bermani Ulu.

“Kita ada 21 puskesmas se-Rejang Lebong yang sudah menjadi BLUD ada 14 puskesmas, sisanya tujuh yang kita latih untuk penilaian oleh tim pembimbing kita harapkan segera menjadi BLUD,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Rejang Lebong, RA Denni usai menghadiri kegiatan penilaian dokumen BLUD UPT Puskesmas Rejang Lebong di Gedung PBNU Rejang Lebong, Rabu (27/11).

RA Denni menargetkan, tahun 2020 mendatang 21 puskesmas sudah BLUD semua. Dengan begitu, puskesmas bisa melakukan perencanaan, menggunakan keuangan sendiri dan mengolah keuangan sendiri, tinggal mereka membuat pertanggungjawaban untuk dilaporkan.

“Kalau dulu kan tidak, mereka harus melalui Dinas Kesehatan dulu,”kata Sekda.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir menjelaskan, untuk tujuh puskesmas yang dirancang untuk menjadi BLUD saat ini tengah melakukan penilaian yang didampingi oleh BPKP Bengkulu.

“Hari ini penilaian dokumen, ada dari keuangan, dari Inspektorat, Bapedda, Ikatan Dokter Indonesia yang melakukan penilaian, tata kelola keuangan, bagaimana dokumen SPM dan lainya, kalau nilainya cukup nanti jadi BLUD,” paparnya.

Menurut Syamsir, ketika sudah menjadi BLUD, pengelolaan bisa lebih efektif, efisien dan akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan, pengelolaan keuangan, perencanaan keuangan dilakukan sendiri, tugas Dinkes hanya monitoring dan evaluasi dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

Laporan Syamsul Ma’arif

Rekomendasi Berita