oleh

Tujuh Perda Disahkan

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Sembilan fraksi DPRD Kabupaten Rejang Lebong menerima tujuh Rancangan Peraturan Darah (Raperda) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Namun, ada beberapa fraksi setuju dengan syarat.

Ini terungkap dalam rapat paripurna dengan agenda pandangan akhir fraksi dan pengesahan Raperda di Gedung DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Selasa (14/8).

Rapat Paripurna dipimpin langsung, Ketua DPRD Kabupaten Rejang Lebong, M Ali, dihadiri Bupati Rejang Lebong, H Hijazi, unsur pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemkab Rejang Lebong.

Fraksi PPP yang disampaikan Rudi, meminta Pemkab Rejang Lebong memasang logo di semua kendaraan dinas, hal ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan kendaraan dinas. Lalu, Perda olahraga, diharapkan pihak terkait bisa melengkapi sarana olahraga yang dinilai belum lengkap. Sama halnya disampaikan Ngadiono dari Fraksi PDIP.

Sementara itu, Fraksi Golkar disampaikan Wahono, menyarankan, agar Perda yang disahkan disertai dengan sosialisasi ke masyarakat sehingga masyarakat tahu ada aturan baru. Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu DPRD Kabupaten Rejang Lebong telah menyesahkan Perda tentang sampah, namun dinilai kurang sosialisasi pada masyarakat.

“Di Perda sampah ada sanksi jika ada yang membuang sampah sembarangan dikenai sanksi, harapan kita di sosialisasikan ke masyarakat,” harapnya.

Tujuh Perda yang disahkan diantaranya, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Manajemen Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran, Retribusi Pemeriksaan Alat Pemadam Kebakaran.

Kemudian, Perda pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Rejang Lebong, Perda perubahan kedua atas Peraturan Daerah Kabupaten Rejang Lebong nomor 27 tahun 2011 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah.

Lalu perda tentang pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Rejang Lebong Nomor 3 Tahun 2011 tentang Retribusi Izin Gangguan, sebagaimana telah diubah dengan Perda Nomor 5 Tahun 2014 dan Raperda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.(09)

Rekomendasi Berita