oleh

Tujuh Kecamatan Rawan Bencana

LINGGAUPOS.CO.ID—Cuaca ekstrem terus terjadi di awal 2021. Untuk itu, masyarakat diimbau selalu waspada agar terhindar dari bencana, terutama yang berdiam di kawasan rawan bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang mencatat ada tujuh kecamatan di Kabupaten Empat Lawang yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor.

Kepala BPBD Empat Lawang, Sahrial Podril, Senin (15/2/2021) mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca buruk berupa hujan akan terus terjadi Februari 2021.

Cuaca buruk sendiri merata terjadi hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Empat Lawang. Ia menyebutkan, terdapat 7 kecamatan di Empat Lawang yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor jika hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi dengan waktu yang lama.

Tujuh kecamatan yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor di antaranya Kecamatan Tebing Tinggi, Ulu Musi, Paiker, Sikap Dalam, Pendopo, Pendopo Barat dan Kecamatan Talang Padang.

“Selain banjir, beberapa daerah di Empat Lawang juga berpotensi tanah longsor,” ungkapnya.

Karena itu, masyarakat yang tinggal di kawasan yang berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan barang-barang berharga yang bisa diselamatkan ketika bencana datang.

Ia juga menyebutkan, petugas BPBD Empat Lawang akan melakukan siaga selama 24 jam jika nantinya ada laporan dari masyarakat terkait banjir dan tanah longsor di wilayah Kabupaten Empat Lawang.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan posko siaga bencana di setiap kecamatan serta Team Reaksi Cepat (TRC) BPDB Empat Lawang.

“Kami juga mempersiapkan posko siaga bencana di setiap kecamatan serta menyiagakan 97 anggota Team Reaksi Cepat BPBD Empat Lawang yang terbagi di lima zona titik rawan terjadi bencana, dan jika terjadi bencana bisa langsung terjun ke lokasi langsung untuk membantu serta mengevakuasi korban bencana,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad juga mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Empat Lawang yang tinggal di wilayah yang rawan bencana, diharapkan selalu waspada mengingat intensitas curah hujan di Empat Lawang cukup tinggi.

“Saya mengimbau selalu waspada mengingat intensitas curah hujan saat ini sangat tinggi sekali,” pinta Bupati Empat Lawang belum lama ini. (*)

Rekomendasi Berita