oleh

Tugas Berat, Butuh Dukungan Masyarakat

Kapolres Lubuklinggau Bicara HUT Bhayangkara ke-72

Ada harapan diungkapkan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar, SIK berkaitan dengan peringatan Hari Bhayangkara ke-72. Khususnya untuk masyarakat kota ‘Sebiduk Semare’ ini.

Laporan Budi Santoso, Dempo

PERINGATAN Hari Bhayangkara ke-72 tahun sangat bermakna. Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar, SIK menilai banyak sekali tantangan Polri di ‘zaman now’ seperti ini. Apalagi, Sunandar yang pernah menjabat sebagai Kapolres Belitung ini mengaku, Polri hadir sebagai penegak hukum, pelayan, dan pelindung masyarakat. Dan, ini sesuai dengan tema besar peringatan Hari Bhayangkara ke-72 yaitu ‘Siap Mengamankan Agenda Kantibmas Tahun 2018-2019’.

“Sehingga Polri membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat, agar tugas anggota Polri dapat dijalankan dengan sebaik mungkin. Tugas berat yang kami jalankan ini membutuhkan dukungan dan partisipasi tak hanya dari masyarakat saja, tapi juga stakeholder,” ungkap Sunandar, Minggu (1/7) setelah rangkaian acara memeriahkan Hari Bhayangkara ke-72.
Pria kelahiran Karawang yang berulang tahun setiap 3 Juli ini menegaskan bahwa dengan dukungan tersebut, maka kita dapat bersama-sama menciptakan keamanan dan kenyaman dalam kehidupan sehari-hari.

Selain dukungan, Sunandar meminta saran serta doa dari masyarakat, agar apa yang dikerjakan dan dijalankan Polisi sebagai penjaga keamanan, terlaksana dengan baik.

“Kami juga membutuhkan saran dan masukan agar apa yang kami kerjakan memang bermanfaat untuk masyarakat. Serta doa dari masyarakat, di mana kita sudah laksanakan pesta demokrasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, yang telah dilaksanakan dengan baik. Apalagi Pilkada itu sendiri menjadi agenda prioritas kita, dan Alhamdulillah sudah kita lewati bersama, dengan keadaan aman,” ungkap Sunandar yang pernah bertugas di Mapolres Magelang ini. Saat itu dirinya menduduki jabatan KBO Satlantas Polres Magelang tahun 2002. Lalu 2003 menduduki jabatan Kasat Lantas Polres Wonosobo, dan tahun 2004 kembali bertugas di Mapolres Magelang menjabat Kasatlantas.

Oleh karena itu, Sunandar berharap pasca Pilkada ini, dapat berlanjut dengan pengamanan Pileg dan Pilres tahun 2019 mendatang. Ia kembali berharap keamanan dan ketertiban di Kota Lubuklinggau dapat terjaga saat pesta demokrasi tahun depan.

“Insya Allah tidak ada kendala nantinya,” ucap Sunandar berharap.

Setelah membicarakan makna dari Hari Bhayangkara, Sunandar menyebutkan saat ini dengan jumlah anggota 483 orang, dari total keseluruhan 510 orang di lingkungan Mapolres Lubuklinggau, tentu saja memerlukan jumlah personel yang memadai. Karena idealnya untuk Mapolres itu membutuhkan 800 orang personel untuk pengamanan dan lain-lain.

“Tapi saya yakin, pemenuhan jumlah personel akan dilakukan secara bertahap. Sebab hal paling utama, tentu peningkatan kinerja Polri dalam menjalankan tugasnya,” ungkap Sunandar membenarkan, Polri memang harus dekat dengan masyarakat.

Sehingga jika ada masalah di masyarakat itu menjadi tanggung jawab bersama, tak hanya polisi saja. Tapi warga pun mesti peduli. Untuk itu, Sunandar meminta saran masukan dan kritik dapat disampaikan ke pihaknya, agar kinerja Polri dalam memberikan layanan ke masyarakat makin baik.

Tahun ini memeriahkan Hari Bhayangkara ke-72, berbagai kegiatan telah dilaksanakan pihak Mapolres Lubuklinggau. Seperti kemarin pagi, diadakan jalan santai memperebutkan doorprize menarik, mulai lemari es, dan bingkisan menarik. Acara makin meriah dengan senam bersama, diikuti ratusan peserta berasal dari anggota Polri, Brimob, FKPD, insan pers, dan warga masyarakat. Dan, olahraga bersama diisi dengan tarik tambang antar instansi juga pihak Polres dan Polsek. Hadir kemarin pagi, Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H Rodi Wijaya, Dandim 0406/MLM Letkol Kav Dodi Syamsurizal, Kajari Lubuklinggau, Hj Zairida, Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Edy Nugroho, dan undangan lainnya.

Salah seorang warga Kota Lubuklinggau, Pandi mengakui acara yang digeber Polres Lubuklinggau ini memang merakyat, dan makin meningkatkan jalinan silaturahim dengan masyarakat. Artinya di sini, kata dia, terjalin kedekatan emosional Polisi dan warga Kota Lubuklinggau.

“Acaranya bagus, dan memang merakyat,” imbuhnya memuji. (*)

Rekomendasi Berita