oleh

Trotoar Dipenuhi Penjual Takjil

LINGGAU POS ONLINE, TUGUMULYO – Trotoar di Jalan Merasi Pasar B Srikaton, Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas (Mura) selama bulan Ramadan, sudah beralih fungsi. Bukan untuk pejalan kaki, namun dipenuhi penjual takjil tradisional.

Ada ratusan lapak, rata-rata berukuran 1×2 meter yang di pinggir jalan menjual takjil. Banyak makanan jenis baru dan tradisional, yang disajikan dan siap santap saat berbuka puasa nantinya. Berbagai varian dan jenis makanan ringan, sampai sayur masak juga disediakan di sepanjang trotoar yang dijual oleh pedagang tahunan ini.

Bahkan menurut para pedagang, beberapa makanan selalu menjadi incaran para pengunjung seperti lemang, bubur kacang ijo, kolak pisang-ubi, dan pempek.

Susi (30) seorang penjual takjil warga Kecamatan Tugumulyo mengungkapkan, bahwa sejak awal bulan Ramadan, tempat ini sangat ramai penjual takjil dan banyak diserbu oleh pembeli.

“Ramai sekali. Kita buka mulai pukul 12.00 WIB sampai jelang buka puasa. Berbagai jenis makanan yang dijual, ada rujak mi, kue pasar, kurma, lemang, pempek dan lain-lain,” kata Susi.

Susi menjelaskan, semua makanan yang ia jual hasil buatannya sendiri, dan ada juga tetangga dekat rumahnya yang menitip. Untuk harga makanan yang ia jual, rata-rata satu porsi dengan mika berukuran 1/4 cm seharga Rp 5 ribu.

“Harganya tidak mahal-mahal dapat terjangkau. Semuanya serba Rp 5 ribu, cuma harga lemangnya saja yang Rp 10 ribu per batang,” jelas Susi.

Susi menambahkan, selama ia berjualan pendapatan per harinya mencapai Rp 200 ribu- Rp 300 ribu.

Tempat yang sama, Heny (34) seorang warga Kecamatan Tugumulyo, saat membeli takjil mengaku sangat senang dengan adanya para penjual takjil di pinggir jalan Kecamatan Tugumulyo ini.

Karena ia dengan mudah mencari makanan berbuka, tanpa harus mencari jauh-jauh bahkan ke Kota Lubuklinggau.

“Selain itu, harganya pun relatif murah,” ungkap Heny.

Apalagi rutinitas pekerjaan yang mengharuskan pulang sore, membuat ia harus bisa mengatur waktu. Agar bisa beribadah dan berbuka dengan khusyuk. (04)

Rekomendasi Berita