oleh

Trafo PLN Meledak

MUSI RAWAS – Trafo listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) rayon Muara beliti, berada di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti meledak dan terbakar, Senin (14/1).

Seperti disampaikan saksi mata, Bude (50) penjual lotek menjelaskan kejadian itu berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Tiba-tiba terdegar suara ledakan dan mengeluarkan api di bagian trafo milik PLN.

Maka, saat kejadian warga di sekitar ramai keluar dari kantor untuk menyaksikan ledakan itu. Bahkan, setelah mengeluarkan asap dan terbakar, tidak lama kemudian apinya mati sendiri.

“Entah apa sebabnya bisa meledak saya tidak tahu, dan saya kaget dan terkejut sekali. Takut terjadi kebakaran,” kata Bude kepada koran ini sambil membuat loteknya, Senin (14/1).

Manager ULP PLN Rayon Muara Beliti, Zera Fitrizon membenarkan adanya ledakan trafo milik PLN di kawasan Perkantoran Pemkab Mura dan terbakarnya trafo tersebut diduga karena korsleting listrik.

Gangguannya disebabkan kegagalan isolasi belitan trafo, dikarenakan ada kebocoran minyak trafo pada isolator. Minyak trafo itu sendiri, berfungsi sebagai media peredam busur api jika terjadi short circuit dan sebagai isolasi pada belitan trafo.

Trafo yang terbakar itu menyebabkan pemadaman aliran listrik yang cukup luas. Dan trafo itu sudah diperbaiki oleh petugas PLN, semoga cuaca bersahabat tidak terjadi kendalanya.

“Kami dari PT PLN Rayon Muara Beliti meminta maaf, atas gangguan yang terjadi dan menyebabkan ketidaknyamanan pelanggan di Kabupaten Mura,” kata Zera sapaannya. (dlt)

Rekomendasi Berita