oleh

Toyeb-Sofian Terancam Tidak Ikut Pilkada

617 Syarat Dukungan TMS

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdubcapil) Kota Lubuklinggau, menjawab surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau. Perihal adanya 2.605 syarat dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian, yang akan maju lewat jalur perseorangan untuk maju di Pilkada Lubuklinggau tahun 2018 mendatang.

Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan dari hasil koordinasi tersebut ditemukan 1.987 jiwa yang terdata dalam database dan konsolidasi, 582 jiwa tidak ditemukan, 1 jiwa ganda, 23 jiwa pindah, 4 jiwa dobel ketik, 5 jiwa beda nama dan 3 jiwa ditemukan bukan penduduk Kota Lubuklinggau. Hasil koordinasi ini, akan segera diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk diteruskan ke Panitia Pemungutan Suara, untuk dilakukan verifikasi faktual.

“Namun, 582 jiwa tidak ditemukan, 1 jiwa ganda, 23 jiwa pindah, 4 jiwa dobel ketik, 5 jiwa beda nama dan 3 jiwa ditemukan bukan penduduk Kota Lubuklinggau, akan langsung dibuat tidak memenuhi syarat, dengan jumlah 617 jiwa,” kata Gatot Widjianto, Selasa (19/11).

Jadi, dilanjutkan Gatot, yang diverifikasi faktual oleh PPS hanya 1.987 jiwa yang terdata dalam data base dan konsolidasi. Dan proses verifikasi tersebut harus sudah selesai pada 25 Desember mendatang.

“Artinya, masih ada waktu empat sampai lima hari lagi untuk PPS melakukan verifikasi faktual, dan kami kira waktu itu sudah cukup,” jelasnya.

Sekedar mengingatkan berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang sudah dilakukan KPU Kota Lubuklinggau terhadap berkas dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian, di temukan 291 dukungan yang tidak memenuhi syarat dari syarat dukungan yang sudah diserahkan mereka. Jadi syarat dukungan yang memenuhi syarat hanya 15.582. Namun, ketika di-upload ke sistem Informasi Pencalonan (Silon) ditemukan satu dukungan yang ganda identik, maka yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 15.581 dukungan. Dikarenakan masih memenuhi ambang batas minimum yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Lubuklinggau, yakni di atas 15.470 dukungan. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita