oleh

Toyeb-Sofian Siapkan 6.000 Dukungan

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Bakal calon Wakil Walikota Lubuklinggau jalur perseorangan, Sofian didampingi tim penghubungnya melakukan koordinasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, terkait syarat pencalonan yang harus dilengkapinya, Senin (15/1).

Pasalnya, Sofian beserta timnya sudah menyiapkan lebih kurang 6.000 dukungan. Sementara, dukungan yang wajib diserahkan hanya 2.056 dukungan.

Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto didampingi Divisi SDM KPU Kota Lubuklinggau, Debi Arianto menjelaskan, berdasarkan koordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bakal Pasangan Calon (Paslon) perseorangan diperkenankan untuk menyerahkan lebih banyak dari kekurangan syarat yang sudah ditetapkan.

“Hasil koordinasi kita dengan KPU Provinsi Sumsel, bakal Paslon boleh menyerahkan dukungan melampaui yang sudah ditetapkan. Artinya, berapapun jumlah yang akan diserahkan bakal Paslon perseorangan akan kita terima, asalkan melampaui ambang batas minimal,” jelas Gatot Widjianto.

Penyerahan tersebut, lanjut Gatot, harus diserahkan pada 18-20 Januari 2018. Dan pada 20-26 Januari akan dilakukan penelitian administrasi, selanjutnya 27-29 Januari bergeser dari KPU ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kemudian, 30 Januari-5 Februari berkas dukungan diverifikasi oleh PPS, 6 Februari berkas dukungan sudah diplenokan oleh PPK, dan 9 Februari sudah diketahui berkas itu sudah memenuhi syarat atau tidak. Kalau memenuhi syarat, maka pada 12 Februari H Toyeb Rakembang-Sofian akan ditetapkan sebagai calon peserta Pilkada Lubuklinggau 2018.

Di tempat yang sama, bakal calon Wakil Walikota Lubuklinggau, Sofian mengatakan kalau pihaknya optimis bisa melebihi syarat yang sudah ditetapkan tersebut. Bahkan, dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lubuklinggau, terkait syarat dukungan.

“Pada verifikasi pertama ditemukan ratusan dukungan yang tidak terdaftar di Disdukcapil, jadi untuk penyerahan dukungan perbaikan, kami akan koordinasi ke sana. Supaya, tidak ada lagi syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat, dan kita sudah menyiapkan sekitar 6.000 dukungan,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita