oleh

Toyeb-Sofian Dipastikan Daftar Pilkada

“Mereka sudah bisa daftar. Tapi, setelah pendaftaran harus melengkapi dua kali lipat syarat dukungan yang sudah ditetapkan, itu merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi mereka,”kata Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Berkas pencalonan Bakal Calon (Balon) perseorangan, H Toyeb Rakembang-Sofian telah selesai diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau. Hasilnya, dari 15.873 syarat dukungan yang diserahkan mereka, terdapat 14.442 syarat dukungan yang memenuhi syarat. Dikarenakan ambang batas minimum syarat pencalonan sebanyak 15.470, maka syarat dukungan tersebut mengalami kekurangan 1.028 dukungan.

Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto mengatakan kalau H Toyeb Rakembang-Sofian harus mengumpulkan dua kali lipat dari dukungan yang kurang, saat dilakukannya perbaikan. Artinya, satu-satunya bakal Pasangan Calon (Paslon) perseorangan tersebut harus mengumpulkan 2.056 dukungan.

Meskipun mengalami kekurangan dukungan, lanjut Gatot, H Toyeb Rakembang-Sofian dipastikan bisa ikut mendaftar saat dibukanya masa pendaftaran oleh KPU Kota Lubuklinggau, yakni 8-10 Januari 2018.

“Mereka sudah bisa daftar. Tapi, setelah pendaftaran harus melengkapi dua kali lipat syarat dukungan yang sudah ditetapkan, itu syarat wajib yang harus dipenuhi mereka,” kata Gatot.

Jadi, menurut Gatot, kalau H Toyeb Rakembang-Sofian berhasil memenuhi kekurangan dukungan, maka besar harapan mereka untuk ditetapkan sebagai peserta Pilkada.

“KPU hanya melayani. Bisa dan tidaknya mereka ikut Pilkada, ada di tangan mereka sendiri,” jelasnya.

Terpisah, Balon Walikota H Toyeb Rakembang mengatakan kalau pihaknya telah siap untuk melengkapi syarat dukungan yang kurang tersebut. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan kurang lebih 5.000 dukungan.

“Tim kita telah menyiapkan kekurangan tersebut, dan kini sudah ada sekitar 5.000 dukungan, tinggal menyerahkannya lagi ke KPU,” kata Toyeb.

Bahkan, pihaknya mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan oleh penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Panwaslu yang sudah memverifikasi faktual dan mengawalnya hingga dilakukan pleno.

Untuk diketahui, rincian hasil pleno syarat dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian, untuk Kecamatan Lubuklinggau Barat I ada 2.165 dukungan yang memenuhi syarat, Kecamatan Lubuklinggau Barat II, ada 935 dukungan yang memenuhi syarat. Selanjutnya Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, terdapat 1.572 dukungan yang memenuhi syarat, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, ada 1.598 dukungan yang memenuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Timur I, ada 1.210 dukungan yang memenuhi syarat, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, 1.743 dukungan yang penuhi syarat. Kecamatan Lubuklinggau Utara I, ada 2.044 dukungan yang memenuhi syarat, Lubuklinggau Utara II, ada 3.175 dukungan yang memenuhi syarat. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita