oleh

Toyeb Kalah di TPS Sendiri

WARGA RT 4 dan RT 7 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II memilih di TPS 04, Rabu (27/6). Sekira pukul 10.00 WIB didampingi sang istri Yuliana Marhaena, calon Walikota Lubuklinggau nomor urut 1 H Toyeb Rakembang berjalan dari rumah menuju ke TPS 04 untuk mencoblos.

Mengenakan peci hitam, bercelana dasar panjang warna abu-abu, Toyeb senyum sumringah sambil menyalami masyarakat. Ia memilih berjalan kaki, sebab jarak kediamannya dengan TPS 04 hanya sekitar 100 meter.

Di TPS 04 Jalan Bengawan Solo, RT 7, Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II warga sudah ramai untuk memilih Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) dan Walikota/Wakil Walikota Lubuklinggau.

“Semoga seluruh warga Kota Lubuklinggau memberikan hak suaranya dengan memilih ketiga pemimpin ini dengan hati nurani masing-masing dan siapapun yang jadi pemenang akan menjalankan kepemimpinan dengan baik,” tuturnya saat diwawancarai Linggau Pos, setelah mencoblos.

Ketua TPS 4 Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Zulkarnain mengatakan pencoblosan sudah mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB. Perhitungan suara dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Selain dua petugas Pelindung Masyarakat (Linmas), 7 anggota KPPS, seorang anggota kepolisian, empat orang saksi dari gubernur dan tiga orang saksi dari walikota.

Menurut Zurkarnain, jumlah pemilih di TPS 4 dengan DPT 549 dari jumlah laki-laki sebanyak 285 dan perempuan 264 dan undangan untuk memilih sudah disampaikan kepada warga.

“Bagi yang belum terdaftar atau belum mendapat surat undangan dari ketua RT bisa memilih dengan syarat membawa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) sesuai dengan tempat berdomisili,” ucapnya.

“Ketentuan tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 08 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara,” jelasnya.

Zurkarnain menambahkan hasil perhitungan suara untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Pasangan Calon (Paslon) H Herman Deru-H Mawardi Yahya 87 suara, H Saifudin Aswari Riva’i-H M Irwansyah 70 suara, H Ishak Mekki-Yudha Pratomo 144 suara, dan H Dodi Reza Alex Noerdin-H M Giri Ramanda N Kiemas 126 suara.

Namun sayang, untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau Paslon nomor urut 1 H Toyeb Rakembang dan Sofyan hanya memperoleh 71 suara. Sementara Paslon nomor urut 2 H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar unggul dengan perolehan 285 suara, dan Paslon nomor urut 3 H Rustam Efendi dan Riezky Aprilia hanya memperoleh 89 suara. Jumlah total suara sah 456 dan suara tidak sah 11.

*** Di TPS Tempat Sofyan Coblos, NanSuko Menang

Sementara Paslon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar menang telak di TPS 2 Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, dengan meraih 104 suara.

Di urutan kedua, Paslon nomor urut 3 H Rustam Effendi dan Rizky Aprilia dengan 54 suara, dan urutan ketiga Paslon nomor urut 1, Toyeb Rakembang dan Sofyan dengan 36 suara. Untuk DPT di TPS 2 ini sebanyak 198 orang, dengan surat suara yang rusak 4 lembar. Sedangkan warga yang tidak memberikan hak suaranya sebanyak 100 orang, dan penambahan pemilih dengan menggunakan KTP-El ada 6 orang.

Sementara hasil raihan suara Pilgub Sumsel, Paslon Gubernur dan Wagub Sumsel Nomor 4, H Dodi Reza Alex Noerdin dan H Giri Ramanda Kiemas meraih 78 suara, dan mendapat suara tertinggi.

Diikuti pasangan nomor 3, H Ishak Mekki dan Yudha Pratomo dengan 54 suara, dan urutan ketiga, pasangan nomor 1, H Herman Deru dan Mawardi Yahya dengan 35 suara, dan terakhir pasangan nomor urut 2, H Aswari Rivai dan H Irwansyah Rebuin dengan 26 suara. Menurut pihak KPPS, pada saat pemilihan itu DPT sah sebanyak 193, dan 5 suara tidak sah. Sehingga jumlah suara sah ada 198.

TPS 2 menjadi tempat calon Wawako nomor urut 1, Sofyan bersama istri, Hermi pada pagi hari pukul 08.00 WIB memberikan hak suaranya. Jalannya pemungutan suara kemarin pagi di TPS 2 berlangsung lancar, dengan pengawalan ketat pihak kepolisian dan Linmas.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 2 Air Kuti, Auri Sahera (61) membenarkan jika calon Wawako, Sofyan memberikan hak suaranya di TPS 2 bersama sang istri dan anaknya.

“Benar calon Wawako nomor urut 1, Sofyan memberikan hak suaranya di TPS 2. Pelaksanaan pemungutan suara di TPS 2 berlangsung lancar, dan hasilnya Paslon nomor urut 1 mendapatkan suara terbanyak 104 suara,” ungkap Auri Sahera, kemarin sore, usai penghitungan suara Pilwako dan Pilgub Sumsel. Ia kembali membenarkan untuk raihan suara terbanyak Paslon pada Pilgub direbut Paslon nomor 4.

Auri Sahera meneruskan TPS 2 Kelurahan Air Kuti ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB, dengan DPT sebanyak 298 orang. Sementara petugas KPPS ada 7 orang yang bertugas hingga selesainya pemungutan suara. Untuk penghitungan suara, kata Auri Sahera, dimulai dari kertas Pilgub Sumsel, dan setelah itu baru Pilwako Lubuklinggau.

“Kalau saksi-saksi dari Paslon itu lengkap. Mereka hadir semuanya. Apabila ada pemilih yang tidak membawa undangan akan kita minta datang lagi pukul 12.00 WIB, jadi kita pending dulu mereka untuk mencoblos karena tidak ada undangan, dan mesti menunjukkan KTP-El kepada kami,” ungkapnya.

Sebelumnya, saat ditemui sesudah pencoblosan, Sofyan (52) mengatakan bahwa dirinya memberikan hak suara bersama sang istri, Hasmi dan anaknya Tri Hartina.

“Saya sudah memberikan hak suara di TPS 2 Kelurahan Air Kuti, dan yang jelas Tim TOS didukung masyarakat banyak. Pada Pilkada ini kami sangat tenang, karena sedari awal Tim TOS memang komitmen dari awal tidak ada tim politik. Kalau masyarakat Lubuklinggau inginkan perubahan maka Tim TOS akan menang. Saya yakin yang pilih kami ini adalah masyarakat luar biasa, dan sepenuhnya kami serahkan pada Allah SWT untuk hasil Pilkada ini,” ucap Sofyan dengan optimis.

Mantan anggota DPRD Kota Lubuklinggau ini menegaskan, kalah atau menang akan diterima pihaknya.

“Tapi saksi dari kita, insya Allah ada di seluruh TPS. Karena kita juga terus lakukan pemantauan hasil Pilkada ini, karena ada posko induk di Bengawan Solo di kediaman Toyeb Rakembang,” jelas Sofyan menilai pelaksanaan Pilwako Lubuklinggau ini aman tidak ada gesekan di masyarakat.

Hanya saja, Sofyan mengungkapkan rasa kecewa setelah mendapatkan informasi ada warga yang tidak mendapatkan undangan (C6).

“Saya dapatkan informasi ada warga yang tidak mendapatkan undangan di Kelurahan Mesat Seni, meski demikian saya yakin mereka masih bisa memberikan hak suaranya dengan membawa KTP dan KK,” ungkap Sofyan, kembali menegaskan jika tidak ada kecurangan Insya Allah Paslon dari jalur independen ini akan menang.

“Di TPS saya kita akan menang. Sebab saya bergaul dengan masyarakat di sini. Kalau kita tidak dicurangi warga akan memilih kita TOS. Kalau memang Pilwako ini jujur dan adil, maka Tim TOS dan Paslon akan menerima hasil Pilkada ini,” tegas Sofyan.

*** NanSuko Menang di TPS 2 Kayu Ara

Sementara itu, di TPS 2  Kelurahan Kayu Ara, Paslon nomor urut 2, NanSuko juga meraih kemenangan dengan 225 suara, diikuti Paslon nomor urut 3, H Rustam Effendi dan Riezky Aprilia dengan 85 suara, dan Paslon nomor 1, Toyeb Rakembang dan Sofyan dengan 17 suara. Di TPS 2 Kayu Ara ini dengan suara sah sebanyak 327, dan suara tidak sah ada 7. Sementara warga yang tidak memilih 334 orang.

Menurut Ketua KPPS TPS 2, Panzilus pada saat pencoblosan itu tidak ada kendala sama sekali. Pihaknya menilai kesadaran warga untuk memilih sudah tinggi.

“Hasil penghitungan suara ini akan dibawa ke KPU dan PPK oleh petugas kita sebanyak 7 orang,” jelas Panzilus, kemarin.

Ia juga menyebutkan hasil raihan suara Pilgub Sumsel dengan suara tertinggi diraih Paslon nomor 4, H Dodi Reza Alex Noerdin-H Giri Ramanda Kiemas sebanyak 121 suara, diikuti Paslon nomor urut 1, H Herman Deru dan Mawardi Yahya meraih 80 suara. Paslon nomor 3, H Ishak Mekki dan Yudha Pratomo mendapat 70 suara. Dan, pasangan H Aswari Rivai dan H Irwansyah Rebuin mendapat 45 suara. Dari pencoblosan itu terungkap, suara sah sebanyak 316, dan suara tak sah ada 18. Sementara yang memilih ada 334 orang.

*** NanSuko Menang Telak di Kandang

Paslon Walikota Lubuklinggau nomor urut 2, H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar, Rabu (27/6) menggunakan hak pilihnya. Nanan sapaan akrab H SN Prana Putra Sohe menggunakan hak pilihnya sekitar pukul 08.30 WIB, di TPS 1, RT 1, Jalan Patimura, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Hasil penghitungan suara di TPS 1, Nanan menang telak dengan perolehan suara sebanyak 203, disusul H Rustam Effendi-Riezky Aprilia dengan 79 suara, sementara H Toyeb Rakembang-Sofian mendapat 3 suara.

Datang ke TPS, Nanan tidak sendirian ia didampingi istri dan anak-anaknya, dengan berjalan kaki sekitar 200 meter dari kediamannya. Nanan mengakui perasaannya di hari H pencoblosan kemarin sedikit alami ketegangan, karena Pilkada merupakan kompetisi ada yang menang dan kalah.

“Sedikit ketegangan pasti ada, namanya juga kompetisi. Tapi karena sudah sering, biasa-biasa saja,” katanya.

Mengenai hasil pemilihan, Nanan optimis akan menang di Pilkada, karena sudah berusaha, bekerja dan berdoa. Serta pelaksanaan Pilkada berjalan sukses, aman, tertib dan lancar. Disamping itu diharapkan pelaksanaan Pilkada berprestasi tanpa ada insiden apapun, baik black campaign maupun money politic.

“Mudah-mudahan tidak terjadi laporan dan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Zero accident dan money politic,” ungkapnya.

Nanan juga berharap tingkat pemilih tinggi di Kota Lubuklinggau, dengan kondisi cuaca udara yang cukup bagus dan mendukung.

Sementara pasangannya, calon Wakil Walikota Lubuklinggau nomor urut 2 H Sulaiman Kohar beserta istri Hj Sri Haryati Sulaiman menggunakan hak suaranya, di TPS 01 Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Pukul 08.30 WIB, keduanya beserta keluarga mendatangi TPS untuk mencoblos.

Tiba di TPS, keduanya langsung masuk dan antre sebentar. Lalu ketika dipanggil keduanya langsung masuk ke bilik suara, setelah itu secara bersamaan memasukan kertas suara ke kotak suara yang sudah disediakan panitia.

Sebelum keluar, keduanya mencelupkan jari kelingking masing-masing ke tinta sebagai tanda kalau keduanya sudah mencoblos. Selain didampingi istri dan anak, Suko juga didampingi mertuanya, Hj Maimunah.

Usai menggunakan hak pilihnya, keduanya belum langsung pulang ke rumah. Namun berbaur dengan masyarakat setempat yang juga sedang menggunakan hak pilihnya. Sambil menunggu kunjungan Penjabat Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi beserta rombongan.

Ketika dimintai tanggapan, Sulaiman Kohar mengucapkan syukur masih diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya. Dan ikut bangga, melihat pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang tidak jauh dari kediamannya tersebut berlangsung lancar.

“Ya mudah-mudahan harapan kita, hingga akhir tahapan nanti tetap berjalan kondusif dan aman,” ungkapnya.

Ketua KPPS TPS 01 Kelurahan Watervang, Suyitno menjelaskan di TPS mereka ada 548 DPT. Pemungutan suara hingga pukul 13.00 WIB, dilanjutkan penghitungan suara dilaksanakan pukul 14.00 WIB. Hingga pukul 10.00 WIB, sudah 50 persen dari DPT yang melakukan pencoblosan.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Kita di sini ada 7 petugas TPS termasuk KPPS, dan dibantu 2 personel dari Linmas,” ungkapnya.

Sesuai jadwal dari KPPS pukul 14.00 WIB dilanjutkan dengan tahap penghitungan suara. Penghitungan disaksikan masing-masing saksi Paslon dan masyarakat sekitar.

Pertama dilakukan penghitungan untuk Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur. Dari hasil penghitungan, Paslon nomor urut I, Herman Deru-Mawardi Yahya memperoleh 117 suara, Paslon nomor urut 2, Aswari-Irwansyah memperoleh 85 suara, Paslon nomor urut 3, Ishak-Yudha memperoleh 80 suara dan Paslon nomor urut 4, Dodi-Giri memperoleh 146 suara. Untuk surat suara sah sebanyak 428, surat suara tidak sah 12 dan jumlah surat suara keseluruhan 440.

Dilanjutkan penghitungan untuk Paslon Walikota dan Wakil Walikota. Dari hasil penghitungan untuk Paslon nomor urut I, TOS memperoleh suara 11, Paslon nomor urut 2, NanSuko memperoleh 288 suara dan Paslon nomor urut 3, RR memperoleh 132 suara. Untuk surat suara sah sebanyak 431, surat suara tidak sah 9 dan jumlah surat suara keseluruhan 440.

*** Rustam-Riezky Unggul di TPS 05

Lantas bagaimana dengan kegiatan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Lubuklinggau nomor urut 3?

Berdasar pantauan Linggau Pos, Calon Walikota Lubuklinggau nomor urut 3 H Rustam Effendi pukul 10.00 WIB, bertolak dari rumah jalan kaki menuju ke TPS 05, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Ia didampingi sang istri, drg Hj Miptahulummi, dua anak dan menantu. Sang cucu juga ikut serta. H Rustam Effendi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang, dengan peci hitam yang khas dengan ramah, langsung menyapa masyarakat di TPS 05.

Tak sampai antre, H Rustam Effendi dan keluarga langsung mengonfirmasi kehadiran pada panitia TPS 05, lalu melakukan pencoblosan di bilik suara. Setelah itu, didampingi sang istri yang anggun dengan baju padu padan biru dongker langsung memasukkan surat suara ke kotak suara.

Sebagaimana warga lain, tahapan akhirnya, H Rustam Effendi mencelupkan jari kelingking kanannya ke tinta biru yang disiapkan panitia.

Kepada awak media, H Rustam Effendi menuturkan rasa syukurnya bisa menjalani setiap tahapan Pilkada Lubuklinggau dengan baik. Ia juga berharap, hasilnya pun baik.

“Kalau ditanya deg-degan yang mana, antara Pilkada 2013 dengan sekarang, ya deg-degan dulu. Kalau sekarang nggak lagi. Kalau persiapan khusus hanya doa,” tutur Rustam.

Ia mengatakan, telah meminta pada Allah SWT mudah-mudahan Pilkada bisa berlangsung aman, nyaman dan damai.

“Semoga apa yang aku inginkan dikabulkan Allah SWT,” tutur dia.

Rustam yakin, sebagaimana pengalaman kampanye selama ini, selalu disambut antusias oleh masyarakat. Menurutnya, hal itu sudah jadi gambaran.

Sementara itu, berdasar hasil penghitungan suara, Ketua TPS 05 Watervang Rasyid menuturkan dari 324 Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya 268 orang yang menyalurkan hak pilihnya.

“Untuk perolehan suara Pilgub Sumsel suara sahnya 255, dan tidak sahnya 13. Paslon Gubernur nomor urut I Herman Deru – Mawardi Yahya memperoleh 67 suara, Paslon nomor urut 2 Aswari-Irwansyah memperoleh 74 suara, Paslon nomor urut 3, Ishak-Yudha memperoleh 39 suara dan Paslon nomor urut 4, Dodi-Giri memperoleh 75 suara,” terang Rasyid.

Sementara untuk hasil penghitungan Pemilihan Walikota Lubuklinggau, Paslon nomor urut I, TOS memperoleh 3 suara, Paslon nomor urut 2 NanSuko memperoleh 100 suara dan Paslon nomor urut 3, RR unggul dengan perolehan 157 suara.

“Untuk Pilwako itu, hanya 260 suara sah, dan 8 suara tidak sah. Dan ada 56 warga yang tidak menyalurkan hak pilihnya. Khusus yang sakit kami jemput bola ada tiga orang,” jelasnya. (08/13/01/02/AE03)

Rekomendasi Berita