oleh

Tower Provider Sebabkan Alat Elektronik Rusak

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KIRI – Belasan alat elektronik warga di Jalan Kelabat RT 07, Kelurahan Jawa Kiri, Kecamatan Lubuklinggau Timur II rusak. Diduga akibat berdirinya tower salah satu provider di lokasi tersebut.

Belasan alat elektronik tersebut milik delapan rumah, warga sudah meminta ganti rugi dengan pihak provider namun hingga saat ini masih belum ada tindak lanjut.

“Kami sudah mengajukan ganti rugi, tapi sepertinya dari mereka (perusahaan provider,red) belum ada solusi,” kata salah seorang warga, Nelly Abu Hamzah.

Bahkan, warga sudah menyurati beberapa SKPD terkait untuk meminta bantuan penyelesaian permasalahan ini yang diketahui oleh Ketua RT setempat.

“Kepada pejabat berwenang ini menjadi bahan pertimbangan dan evaluasi baik perizinan, lingkungan dan ketertiban di dalam kerja masing-masing instansi terkait pendirian tower tersebut,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Kominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi mengakui bahwa sebelumnya pihaknya juga sudah menerima laporan serupa. Yaitu warga di Kelurahan Kenanga, untuk di Kelurahan Jawa Kiri belum diterima laporannya.

“Biasanya warga langsung klaim ke pihak provider. Untuk perizinan bukan wewenang Diskominfo Kota Lubuklinggau, tapi Badan Pelayanan Perizinan. Peran Kominfo di sini hanya menengahi saja,” ungkap Erwin Armeidi.

Ditambahkan Erwin Armeidi, kerusakan elektronik warga tersebut kemungkinan besar disebabkan adanya petir. Oleh sebab itu, sebelum izin pendirian tower keluar maka pihak provider harus mendapatkan izin dari warga sekitar tower dengan radius sesuai dengan ketinggian tower. (07)

Rekomendasi Berita