oleh

Total 547 Rumah Terendam, 2 Hanyut

LINGGAUPOS.CO.ID – Terdata 547 rumah terendam banjir di Kecamatan Selangit dan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, Kamis (27/5/2021).

Selain itu terdata dua rumah hanyut, empat rumah ibadah dan tiga bangunan sekolah juga terendam. Kemudian Puskemas Pembantu (Pustu) dan Kantor Desa.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Rawas, Darsan menjelaskan bahwa sampai dengan pukul 18.00 WIB, terdata air mulai surut, terutama di Kecamatan Selangit.

Namun bajir yang melanda Desa Pasenan Kecamatan STL Ulu Terawas masih terjadi, kendarti kondisi air mulai menurun dengan ketinggian sekitar 1 meter.  Ia juga menjelaskan banjir akibat hujan deras hingga Sungai Bal di Pasenan meluap.

Secara rinci ia menjelaskan di Desa Pasenan dari data lapangan, banjir merendam sekitar 300 rumah, dua tempat ibadah, satu sekolah dan dua rumah hanyut.

“Saat ini TRC BPBD Musi Rawas akan mempersiapkan tenda pengungsian dan mempersiapkan kebutuhan mendesak air bersih, makanan siap saji, pakaian, selimut, alas untuk lantai tenda, dapur umum dan kebutuhan penunjang lainnya,” jelasnya.

Kemudian di Kecamatan Selangit yang banjir akibat luapan Sungai Lakitan, dijelaskan air sudah surut.

Di Desa Batu Gane data dari tim di lapangan banjir merendam tujuh rumah warga, selain itu fasilitas umum seperti kantor desa, PAUD, Pustu juga terendam banjir.

“Saat ini air sudah surut, masyarakat sudah bisa beraktifitas seperti biasa dan saling gotong royong membantu membersihkan sisa banjir,” jelas Darsan.

Kemudian di Desa Muara Nilau terdata 120 rumah terendam. Air juga sudah surut.

Di Desa Prabumenang terdata 60 rumah, masjid yang terendam. Serta di Desa Taba Gindo yang terendam 60 rumah, satu mushola dan sekolah.

Sementara itu, KOKAM Musi Rawas dan Karang Taruna Musi Rawas, Kamis (27/5/2021) langsung menyalurkan bantuan kepada korban banjir.

“Kami tadi langsung menyalurkan bantuan,” kata Imam Wahyudi dari KOKAM Musi Rawas.(*)

Rekomendasi Berita