oleh

Torehkan Penghargaan, Kabupaten Lahat Pencetus Universal Health Coverage di Sumatera Selatan

PALEMBANG, JAMKESNEWS Universal Health Coverage atau Cakupan Semesta pada tahun 2019 dimana seluruh masyarakat indonesia mendapatakan jaminan kesehatan akan segera terwujud.Sebagai pencetus komitmen pelaksanaan Universal Health Coveragedi provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Lahat raih penghargaan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru.

Penghargaan yang diserahkanbersamaan dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bagi Penduduk Sumatera Selatan, turut hadir bersama Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Herman Deru dan jajaran, Bupati Kabupaten Lahat Cik Ujang dan jajaran, Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Bengkulu Erna Wijaya Kesuma, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau Eka Susilamijaya beserta jajaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian penyerahan DIPA petikan, Daftra Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2019 (18/12).

Penghargaan tersebut diraih karena Kabupaten Lahat telah melakukan penandatangan kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Lubuklinggau dalam pelaksanaan Universal Health Coverage di Kabupaten Lahat dan akan dilakukan penditribusian kartu secara simbolis pada tanggal 20 desember 2018 di Lahat. Selain itu, Gubernur Sumatera Selatan mengintruksikan kepada Kepala Daerah wilayah Sumatera Selatan untuk segera menindaklanjuti kepesakatan tersebut dengan melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan setempat seperti yang telah dilakukan oleh Kabupaten Lahat.

“ini merupakan tindak lanjut dari peraturan pemerintah Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, Pemerintah Daerah wajib menyelenggarakan program JKN-KIS, sehingga jaminan kesehatan di Sumatera Selatan yang selama ini dikenal dengan Jamsoskes telah di integrasikan ke dalam pogram JKN-KIS terhitung 01 Januari 2019” Ungkap Herman.

Cakupan Semesta atau Universal Health Coverage merupakan tujuan yang akan di capai BPJS Kesehatan pada tahun 2019, hal ini tidak dapat diraih tanpa dukungan pihak ekternal salah satunya Pemerintah Daerah. Komitmen Kepala Daerah sangat dibutuhkan dalam mengimplementasikan program JKN-KIS di wilayah kerjanya masing-masing yang tertuang dalam Kesepakatan Bersama tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), apabila telah ditandatanganinya kesepakatan bersama maka BPJS Kesehatan yang didukung Pemerintah Daerah/Kota dapat melakan Program JKN-KIS dengan baik tanpa kendala. (rls)

Rekomendasi Berita