oleh

Torehan Manis setelah 31 Tahun

MANCHESTER – Manchester City sukses mempertontonkan permainan menyerang, dan membantai Burton Albion sembilan gol tanpa balas, dalam laga semifinal EFL Cup, di Stadion Etihad, Kamis (20/1) dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, penyerang asal Brazil Gabriel Jesus, mencatatkan empat gol (quattrick) atas namanya. Sisanya, gol Manchester Biru itu dicetak masing-masing oleh Kevin de Bruyne, Oleksandr Zinchenko, Phil Foden, Kyle Walker, dan Riyad Mahrez.

“Saya tidak pernah mencetak empat gol (dalam satu laga) selama berkarir sebagai pesepak bola (profesional). Saya sangat puas dengan hasil ini. Kami bermain sangat baik dan tentunya, juga tanpa mengurangi rasa hormat kami (pada tim lawan),” kata Gabriel Jesus, seperti dikutip BBC.

Torehan ini merupakan yang pertama dalam 31 tahun, klub rival satu kota Manchester United tersebut, mencetak gol lebih dari delapan gol dalam satu laga. Terakhir kali adalah pada November 1987, di mana City berhasil menekuk Huddersfield 10-1.

Itu berarti, skuat asuhan Joseph Guardiola atau biasa disapa Pep Guardiola itu, berhasil mencetak enam belas gol, dalam hitungan empat hari, usai membantai Rotherham United 7-0, di babak ketiga Piala FA belum lama ini.

Bagi Guardiola, kompetisi yang juga dikenal dengan nama Carabao Cup ini tak lebih dari sekedar kompetisi lokal, sesuatu yang tidak memerlukan banyak perhatian, seperti halnya kompetisi di level tertinggi, Liga Premier dan Liga Champions.

“(Kompetisi ini) adalah kompetisi lokal. Siapa pun yang menang pastinya akan senang, Namun tidak ada yang akan memperdulikannya jika tersingkir (dari EFL Cup),” kata Pep Guardiola.

Kendati demikian, eks pelatih Barcelona dan Bayern Munchen itu tetap menurunkan kekuatan penuh yang dimiliki klub, seperti halnya yang Anda lihat di daftar pencetak gol yang disebukan di atas.

Kedua tim akan menjalani leg kedua mereka di Stadion Pirelly pada 23 Januari mendatang. Sementara laga final akan digelar satu bulan berselang, tepanya 24 Februari, di Stadion Wemble.

Manchester City yang juga juara bertahan ajang tersebut, diperkirakan akan menghadapi Tottenham Hotspur atau Chelsea di laga final nanti, dan memiliki kesempatan untuk mempertahankan gelar tersebut.(ruf/fin/wsa)

Rekomendasi Berita