oleh

Tonjolkan Keunggulan Buah Lokal

Linggau Pos Online, 
MUARA ENIM – Festival Durian tahun 2019 menjadi destinasi wisata Kabupaten Muara Enim yang digelar pertama kalinya di Kawasan Wisata Air Terjung Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Rabu (30/1) mendatang. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim, Ir Sumarni Ahmad Yani, siap memanfaatkan ajang tersebut untuk mengangkatkan kembali buah-buahan lokal asli daerah Bumi Serasan Sekundang. Karena festival tersebut nantinya lebih menonjolkan keunggulan buah lokal Kabupaten Muara Enim.

Istri orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang mengatakan bahwa Jajarannya siap mensukseskan event Colorful Muara Enim Festival 2019 khususnya kegiatan Festival Durian.

Sumarni menyampaikan pada Festival Durian nanti, bahwa PKK Muara Enim akan melibatkan seluruh anggota PKK se-Kabupaten Muara Enim dan juga masyarakat umum yang ingin menunjukan kemampuan pada even Festival durian.

PKK Kabupaten Muara Enim sendiri, kata dia, akan menampilkan di stand – stand durian unggulan khas Kabupaten Muara Enim yaitu durian tembaga, memamerkan makanan dari olahan durian hingga sajian minuman kopi durian. “Acara nanti mungkin banyak yang akan datang terlebih mengundang dari kabupaten lain, kalau nanti akan ada 1000 durian kiranya dapat ditambah lagi. Sebab saat ikut pada pameran di Palembang belum lama ini, hanya setengah jam durian Muara Enim sudah habis yang kita bawa durian 300 buah,” ungkap isteri Bupati Muara Enim ini, belum lama ini.

Selain itu, PKK Kabupaten Muara Enim akan membuat spot khusus untuk stand Kopi durian dan juga akan diadakan lomba makanan olahan durian dan stand terbaik dimana masing – masing lomba akan diberikan hadiah dari juara satu sampai juara ketiga.

Sumarni berharap dengan Festival Durian ini durian unggulan Kabupaten Muara Enim bisa dikembangkan dengan membuat bibit baru atau silangan. Dikatakannya, durian unggul bisa diketahui dari rasa, warna dan ketebalan daging. “Terakhir, kalau bisa diadakan penyambutan dengan musim tanjidor khas Kabupaten Muara Enim saat penyambutan Gubernur Sumatera Selatan dan umbul – umbul dipasang mulai dari gerbang selamat datang agar kegiatan lebih meriah,” ungkap Sumarni.

Sementara itu, Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM, menyambut baik dan sepakat atas apa yang akan dilakukan Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim.

Ditambahkan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Muara Enim, Drs. Rusdi Khairullah, mengatakan untuk kesuksesan acara Festival Durian 2019 semula direncanakan sebanyak 1000 buah durian disiapkan, bila demikian masing kurang akan ditambah 1500 buah durian.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Muara Enim, Ir. Teguh Sumitro menambahkan bahwa kolam pemancingan di Bedegung bisa masuk dalam rangkaian wisata Festival Durian 2019. “Kita siapkan 5-10 pancing untuk tamu undangan yang ingin mancing ikan, dan bagi masyarakat yang bawa pancing sendiri silakan langsung memancing ikan,” kata Teguh Sumitro. (Enim Ekspres)

Rekomendasi Berita