oleh

Tolak Kerja Sama dengan Perusahaan Rokok

LINGGAU POS ONLINE – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Perumnas Tanjung Aman menolak bekerja sama dengan perusahaan rokok. Hal ini untuk mewujudkan Kecamatan Lubuklinggau Barat I sebagai Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Perumnas Tanjung Aman, Hj Titin Wuryaningsi kepada Linggau Pos, Rabu (3/7) mengatakan setiap kegiatan pihaknya tidak menerima sponsorshif dari perusahaan rokok.

“Kalau bisa dihindari, karena sesuai komitmen kita untuk mewujudkan KTR,” tegas Titin Wuryaningsi.

Ditambahkan Titin Wuryaningsi, tingginya perokok di Kecamatan Lubuklinggau Barat I membuat pihak Puskesmas memiliki beberapa program. Seperti, ‘jemput bola’ mendata perokok baik aktif dan pasif.

“Jadi setiap KK (Kepala Keluarga) kami datangi, pertanyaan awal yang kami ajukan ada tidak di dalam rumah yang merokok, dan sebagian besar ada. Kalau dalam satu rumah ada satu orang perokok maka bisa lima hingga enam orang menajdi perokok pasif,” tegas Titin Wuryaningsi.

Pihak Puskesmas Perumnas Tanjung Aman sudah dua tahun terakhir melakukan pendataan, selain itu kerapa melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehata (Germas), senam polanis yaitu bagi penderita penyakit kronis.

Selain itu Puskesmas Perumnas akan membentuk ‘Posduren’ yaitu Posyandu Remaja Keren. Untuk tahap awal di Kelurahan Lubuk Tanjung, dengan konsep ‘dari kita untuk kita’.

Berdasarkan pendataan Puskemas Perumnas, daftar penyakit tertinggi saat ini hipertensi atau darah tinggi salah satu penyebabnya kebiasaan merokok atau terjadi penyumbatan pembuluh darah oleh nikotin. (nia)

Rekomendasi Berita