oleh

Tolak 15 Pasangan yang Ingin Menikah

Kepala KUA Kecamatan Tebing Tinggi, Supandi
“UU Perkawinan membolehkan laki-laki berumur bawah 19 tahun dan perempuan di bawah 16 tahun untuk menikah, selagi mendapat dispensasi dari Pengadilan Agama….”

LINGGAU POS ONLINE, TEBING TINGGI – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang terpaksa menolak 15 pasangan yang hendak menikah 2018. Hal itu dilakukan, karena pasangan ini rerata berusia bawah 15 tahun (usia dini).

Hal ini diungkapkan Kepala KUA Kecamatan Tebing Tinggi Supandi kepada Linggau Pos, Rabu (15/8).

Ia menjelaskan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan hanya memberi batasan minimal usia ideal bagi warga negara untuk menikah, yaitu setelah berumur 21 tahun, baik laki-laki maupun perempuan. Hanya saja, UU Perkawinan membolehkan laki-laki berumur bawah 19 tahun dan perempuan di bawah 16 tahun untuk menikah, selagi mendapat dispensasi dari Pengadilan Agama.

Jadi kata dia, jika ada pasangan mengajukan permohonan perkawinan dengan usia bawah yang ditetapkan UU Perkawinan pihaknya tidak berani melayani kecuali sudah diizinkan melalui sidang di Pengadilan Agama .

“Bahkan untuk mencegah kawin usia dini, pendaftaran pernikahan sudah melalui sistem online menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK),” jelasnya.

Sepanjang 2018, KUA Tebing Tinggi mencatat ada 175 pasang mempelai yang sudah menikah. Pasangan tersebut sudah tercatat secara resmi dan sah menurut agama dan negara. (CW02)

JUDUL : Tolak 15 Pasangan yang Ingin Menikah

Rekomendasi Berita