oleh

Toilet Tidak Berfungsi Dikeluhkan Pengunjung

Kurangnya Pengelolaan Objek Wisata

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Objek wisata Pantai Terusan di Desa Terusan Lama, Kecamatan Tebing Tinggi sudah menjadi objek wisata andalan di Kabupaten Empat Lawang. Sayangnya, toilet yang menjadi kebutuhan pengunjung tidak berfungsi.

Pantauan di lokasi, objek wisata ini sudah dilengkapi dengan bangunan Dermaga Jeti, Gazebo tepi sungai, kamar mandi dan toilet, hingga beberapa bangunan lainnya. Hal ini mempercantik keindahan nuansa wisata tersebut, bagi para pengunjung.

Namun sangat disesalkan, meski beberapa bangunan yang sudah didirikan guna menarik para pengunjung datang, malah fasilitas umum seperti toilet yang sekaligus tempat kamar ganti para wisatawan, kondisinya sekarang tidak berfungsi lagi akibat kurang dikelola.

Tentunya bukan hanya pihak pemerintah terkait saja yang harus andil dalam pengelolaan, akan tetapi kesadaran warga dan pengunjung harus selaras, serta mempunyai rasa memiliki.

“Tidak bisa dipakai lagi pak, airnya tidak ada kalau mau ke toilet, malah bau pesing lagi di dalamnya. Mana tahan kita masuk, jangankan mau ganti pakaian mendekatinya saja kita tidak tahan dengan baunya,” ungkap salah satu pengunjung, Yatni, warga Lubuklinggau yang sedang mampir bersama keluarganya di Pantai Terusan, belum lama ini.

Awalnya, ia tertarik berkunjung setelah melihat beberapa gambar di Medsos mengenai panorama tempat wisata di Pantai Terusan yang sering di-upload dalam Medsos tersebut bersama keluarga.

“Kita lihat di Medsos, kebetulan mau bermalam dan berkumpul tempat keluarga di Kabupaten ini jadi kita sempatkan berwisata ke sini bersama anak-anak sekeluarga,” katanya.

Objek wisata pantai terusan ini cukup bagus di nikmati sebagai tempat melepas penat dari kesibukan sehari hari, selain bisa melihat Sunset di sore hari, dia bersama keluarga juga bisa berpose dengan spot yang indah di pinggiran sungai.

Akan tetapi, bangunan seperti tempat ganti pakaian dan toilet yang ada saat ini masih sangat perlu menjadi perhatian bagi pemerintah ataupun pihak pengelola pariwisata ini, karena tempat tersebut merupakan salah satu bangunan yang sering digunakan oleh para pengunjung.

“Coba saja lebih diperhatikan, kebersihannya, perawatan dan penjagaan lainnya, kami bisakan menggunakan sebagaimana fungsinya, sebetulnya bukan hanya kami saja, akan tetapi demi kenyamanan para pengunjung yang lainnya juga,” tuturnya.

Sebelumnya, Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah menjelaskan pembangunan di Pantai Terusan bersumber dari dana APBN, termasuk toilet. Namun toiletnya saat ini tidak bisa dipakai.

“Toiletnya tidak berfungsi lagi, karena tidak ada air. Sekarang tidak bisa dipakai. Padahal baru dibangun,” kata Syahril.

Syahril meminta kepada masyarakat di Desa Terusan Lama, masyarakat Empat Lawang dan pengunjung untuk memelihara dan merawat lokasi objek wisata Pantai Terusan.

“Bangunan di Pantai Terusan merupakan fasilitas umum, tapi harus kita pelihara bersama. Jangan dicoret-coret, dirusak dan kebersihannya harus dijaga,” pintanya.

Selain itu Syahril juga meminta untuk di kelola oleh pihak ketiga atau bisa dikelola pihak Desa setempat supaya bisa lebih efektif, sehingga nantinya bisa menjadi pendapatan Desa.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Empat Lawang, Msg Ahmad Nawawi mengatakan, pengelolaan objek wisata Pantai Terusan akan diserahkan ke pihak Desa, untuk dikelola dengan baik. “Nanti akan diserahkan ke pihak Desa setempat untuk dikelola,” tegasnya. (10)

Rekomendasi Berita