oleh

TNI Temukan Ladang Ganja

EMPAT LAWANG – Petugas TNI-AD, gabungan Intel Kodim 0405 Lahat dan Koramil 405-05 Pendopo, Sabtu (5/1) sekitar pukul 04.00 WIB menemukan satu hektare ladang ganja di Talang Rena Payang Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang.

Di lokasi dengan kontur tanah miring sekitar 65 derajat, petugas menemukan tanaman ganja yang diperkirakan umur satu tahun.

Dari lahan itu, petugas mengamankan 70 batang pohon ganja. Sementara pemilik kebun tidak berhasil ditangkap.

Komandan Koramil (Danramil) 405-05 Pendopo, Kapten Inf Sudiman kepada Linggau Pos menjelaskan, keberadaan ladang ganja ini diketahui berdasarkan hasil penyelidikan Babinsa dan petugas Intel Kodim 0405 Lahat.

“Setelah kepastian adanya ladang ganja. Saya bersama Pasi Intel Kodim 0405 Lahat Kapten Chb Purwadi bersama anggota, langsung menuju lokasi,” jelas Danramil.

Jumat (4/1) sekitar pukul 19.00 WIB, petugas Intel Kodim menuju Koramil Pendopo. Tiba di Koramil langsung dipaparkan jalur dan kondisi jalur menuju ladang, serta hal-hal lain yang harus dilakukan.

Sabtu (5/1) sekitar pukul 01.00 WIB, tim langsung menuju lokasi dengan jarak tempuh lebih kurang 15 kilometer.

“Kami harus berjalan kaki selama 4 jam. Lokasinya melintasi hutan, semak belukar, kebun warga, talang dan anak sungai, barulah kami tiba di lokasi,” kata Danramil.

Begitu sampai, petugas langsung melakukan pengepungan.

“Namun tersangka sudah kabur. Makanya kami mengamankan barang bukti yang ada di sana,” kata Danramil sambil menjelaskan, ganja diamankan di Koramil.

Diakuinya, penemuan ladang ganja ini, juga akan dikembangkan, karena ada dugaan kemungkinan lahan lainnya.

Penemuan ladang ganja di Empat Lawang bukan pertama kalinya. Minggu (16/12/2018) Petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Empat Lawang berhasil menemukan satu hektare ladang ganja di kawasan perbukitan Talang Niungan Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang.

Dari ladang tersebut, polisi mengamankan 30 batang ganja setinggi 1 meter. Sementara ganja lainnya, langsung dimusnahkan di lokasi.

Kemudian, Kamis (20/12/2018) Satres Narkoba Polres Empat Lawang kembali menemukan ladang ganja, di perbukitan Lugor Agung, Desa Landur, Kecamatan Pendopo Kabupaten Empat Lawang. Ladang ganja sekitar 2 hektare itu diketahui milik tersangka Eko (35) dan Dayat (35) keduanya warga Desa Landur.

Ganja yang ditanam tersangka mencapai 2.000 batang dan sudah siap panen dengan tinggi mencapai 2 meter.

Terkait penemuan ladang ganja ini, sebelumnya Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad mengapresiasi penemuan ladang ganja tersebut.

“Saya mengapresiasi kinerja aparat keamanan dalam menemukan ladang ganja dan peran aktif masyarakat dalam membantu pihak kepolisian,” jelasnya.

Selain itu, Bupati meminta masyarakat untuk terus membantu pihak kepolisian, dengan memberikan informasi apabila ada masyarakat yang menanam ganja dan mengedarkan narkoba.

“Kepada Kepala Desa (Kades), saya perintahkan untuk selalu mengawasi daerahnya masing-masing. Juga masyarakatnya saya imbau, saling membantu memberantas narkoba, dan tindak kriminal lainnya,” kata Bupati. (yan)

Rekomendasi Berita