oleh

TKA Tak Melapor Akan Dideportasi

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Sangat disayangkan sekali ulah oknum Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Pasalnya TKA ini tidak diketahui pemerintah daerah padahal sudah lama bekerja.

Temuan ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mura, H Burlian. Ia mengatakan, perusahaan yang mempekerjakan orang asing tapi tidak melapor ke Disnakertrans bakal dikenakan sanksi.

Selain memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak melapor TKA-nya, pekerja asing yang melanggar aturan ini langsung di deportasi atau pengusiran.

“Saat ini jumlah TKA menetap di Musi Rawas sebanyak 8 orang, sementara yang tidak menetap 90 orang,” kata Burlian kepada koran ini, Rabu (18/7).

Dikatakannya, meski tidak menetap, 90 orang tenaga kerja asing itu harus melapor dan menggunakan visa kerja, bukan visa kunjungan.

“Jika mereka kedapatan menggunakan visa kunjungan, maka akan di deportasi,” ucap Burlian.

Burlian juga menjelaskan, pihak Disnakertrans hanya berwenang mendata TKA yang bekerja di perusahaan beroperasi di Kabupaten Mura berkala, kemudian dilaporkan ke bagian pengawasan Disnakertrans Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“TKA di Kabupaten Mura semuanya berasal warga Negara Malaysia, yang bekerja di sejumlah perusahaan perkebunan, seperti sawit wilayah Kabupaten Mura,” ujar suami Wabup Hj Suwarti ini.

Burlian berharap, kepada TKA terutama pihak perusahaan yang mempekerjakan orang asing, setiap bulan melaporkan kondisi TKA nya ke pihak Disnakertrans. (04)

Rekomendasi Berita