oleh

TKA Mura Lambat Perpanjang Izin Kerja

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Delapan Tenaga Kerja Asing (TKA) berasal dari negara Malaysia yang berada di Kabupaten Musi Rawas (Mura), belum mengurus perpanjangan izin. Padahal, 14 Mei 2018 salah seorang diantara delapan TKA asing itu habis masa kontrak kerjanya di wilayah Kabupaten Mura.

Sedangkan tujuh TKA lainnya, masa kontrak kerjanya juga habis pada April 2018. Namun ketujuh TKA ini sedang melakukan proses perpanjangan kontrak kerja. Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Mura, H Burlian melalui Kabid Penta Kerja, Herwanto di ruang kerjanya, Senin (7/5).

Seluruh TKA yang ada saat ini, diantaranya bekerja di PT Gunung Sawit Selatan Lestari (GSSL) dan PT Pratama Palm Abadi (PPA), yang rata-rata dibidang perkebunan kelapa sawit.

“Kita memahami keterlambatan TKA mengurus perpanjangan kontrak kerja. Biasanya keterlambatan terkendala dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Tapi keterlambatan dalam memperpanjang kontrak kerja tidak terlalu lama, apabila melewati satu bulan, Disnakertras melakukan pengecekan kembali dan pencabutan izin kerja,” kata Herwanto.

Ditambahkannya, dari delapan TKA yang bekerja di Kabupaten Mura berasal dari Malaysia. Sedangkan para TKA kebanyakan bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit.(11)

Rekomendasi Berita