oleh

TK Kartika II-40 Kodim Terapkan Praktik Langsung

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK TANJUNG – Kepala TK Kartika II-40 Kodim, Hj Sri Wahyuni mengatakan pembelajaran untuk anak-anak lebih banyak diadakan praktik secara langsung.

“Sehingga tidak hanya otak kanan saja yang berfungsi sebagai kreativitas tetapi otak kiri ikut andil dalam pembelajaran yakni mengasah analisis maupun berbicara pada pembelajaran,” katanya kepada Linggau Pos, Jumat (8/12).

Ditambahkannya, dalam Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 14 disebutkan bahwa

PAUD suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Sri panggilan akrabnya mengungkapkan bahwa untuk TK Kartika II-40 Kodim sudah menggunakan K13. Tetapi di TK Kartika II-40 Kodim tetap berperan membantu peserta didik dan untuk membuat peserta didik tidak jenuh. Oleh sebab itu, lebih banyak praktiknya langsung dibandingkan teori. Setelah guru menjelaskan teori, maka peserta didik dituntut untuk simulasi apa yang telah dijelaskan oleh guru. Belum lama ini peserta didik melakukan praktik membuat telur asin.

“Proses yang dibutuhkan dalam pembuatan telur asin membutuhkan waktu 15 hari. Membuat telur asin dimasukkan ke dalam pembelajaran Sains, peserta didik antusias dalam pembuatan telur asin ini,” ungkap Kepala TK telah mengabdi selama 30 tahun di TK Kartika II-40 Kodim.

Ia menambahkan bahwa peserta didik TK Kartika II-40 Kodim mempunyai sederet prestasi yang pernah dicapai.

“Prestasi yang pernah dicapai yakni pada 2016 pernah mendapatkan Juara pertama mewarnai untuk kategori putra dalam rangka HUT ABRI ke-71 dan Juara Harapan satu Gerak Jalan Putri dalam rangka HUT RI ke 71. Di tahun 2017 ini dapat juara ketiga Gerak Jalan Putri HUT RI ke 72,” tambahnya.(CW06)

Komentar

Rekomendasi Berita