oleh

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan Pelajar

Kesbangpol Adakan Sosialisasi

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Banyaknya konflik dihadapi bangsa Indonesia dan memicu lunturnya rasa persatuan dan kesatuan, membuat kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan perlu dilaksanakan. Terutama, untuk kalangan pelajar sebagai penerus bangsa.

Demikian dikemukakan Asisten II Setda Kota Lubuklinggau, H Rusli saat membuka kegiatan sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan bagi generasi muda.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Lubuklinggau, di Ballroom Hotel Sempurna Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur 1, Senin (14/5).

Makanya, ia mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan selama satu hari ini. Sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya gencar diberikan sosialisasi seperti ini.

Tujuannya tentu dijelaskan Rusli, untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa. Mengingat Bangsa Indonesia saat ini, banyak mengalami konflik.

“Meningkatkan wawasan kebangsaan para pelajar, menjadi modal utama untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kita kedepan,” tegas Rusli.

Sependapat dengan apa yang diungkapkan oleh Kepala Kesbangpol Kota Lubuklinggau, Edi Rogiansyah. Sosialisasi dengan mengusung tema ‘Dengan peningkatan wawasan kebangsaan, kita tumbuhkan rasa nasionalisme generasi muda yang berkarakter dan berbudaya’ ini sengaja dilaksanakan, agar pelajar yang hadir mampu meningkatkan pengetahuan mereka. Terutama, tentang pentingnya memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Karena sosialisasi tersebut, Kesbangpol Kota Lubuklinggau melibatkan 180 peserta dari pelajar tingkat SMAN se-Kota Lubuklinggau. Serta mengundang beberapa Narasumber, diantaranya mewakili Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Kabid wawasan kebangsaan, Muhammad Fauzi, perwakilan Polres Lubuklinggau, Perwakilan Kodim 0406 Musi Rawas-Lubuklinggau-Muratara dan Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Adi Nugraha.

Beberapa tujuan dijelaskan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Lubuklinggau, Edi Rogiansyah diharapkan bisa terwujud dengan dilaksanakan sosialisasi tersebut. Diantaranya, meningkatnya wawasan kebangsaan dan kesadaran pelajar sebagai bangsa Indonesia yang besar. Meningkatkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang berkarakter, sesuai dengan nilai luhur bangsa.

“Lalu diharapkan kepada pelajar yang menjadi peserta sosialisasi, bisa menumbuhkan rasa nasionalisme dan bangga terhadap tanah air. Sehingga mereka kedepannya, mampu berkarya untuk bangsa. Terakhir, diharapkan peserta mampu mengimplementasikan ke masyarakat, apa yang mereka dapat setelah mengikuti sosialisasi,” jelasnya. (13)

Rekomendasi Berita