oleh

Tingkatkan Pendapatan Daerah Dari Sektor Pajak

Gunakan Sistem Online Secara Bertahap

DALAM membangun Kota Lubuklinggau Penjabat Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi mengakui perlu sumber pembiayaan. Salah satunya tentu pajak daerah. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 55 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah, aturan ini sudah ditindaklanjuti melalui Peraturan Daerah (Perda).

Dengan tujuan sumber pendapatan daerah dari sektor pajak, betul-betul maksimal dan bisa membantu dalam mengakomodir pembangunan yang ada di kota ‘Sebiduk Semare’ saat ini.

Bahkan suami Hj Leni Marlina ini menjelaskan, kalau sebelumnya sudah koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, karena sesuai PP tersebut ditetapkan pajak yakni pajak reklame, air tanah, Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (PBB P2) serta pajak hotel dan restoran, hiburan penerangan, jalan, pajak sarang walet dan PPHTB. Ini harus ditindaklanjuti dengan maksimal

Apalagi sebagai kota jasa, hal ini bisa dioptimalkan dengan sebaik mungkin untuk mendongkrak pendapatan pajak Kota Lubuklinggau. dia mengharapkan perangkat daerah dapat mendukung untuk dapat meningkatkan sektor pajak ini.

“Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus dipersiapkan, baik petugas pajak dan bisa memanfaatkan Sat Pol PP, karena bisa bersama-sama menegakkan aturan daerah tentang kewajiban pajak,” katanya.

Selain itu, kemajuan zaman seperti berkembangnya teknologi secara pesat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak sektor pajak.

“Misalnya pemungutan pajak secara online, bisa mencegah kebocoran seperti adanya kongkalikong petugas pajak dengan wajib pajak. Ini sudah kita lakukan, meskipun dengan cara bertahap. Dengan harapan kedepannya, akan terus kita kembangkan dan tindak lanjuti,” tegas Riki Junaidi. (rfm)

Rekomendasi Berita