oleh

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Milenial

MUSI RAWAS – Tingkatkan partisipasi pemilih, KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) sosialisasi ke pemilih milenial, Selasa (18/12). Pasalnya, jumlah mahasiswa dalam daftar pemilih cukup signifikan. Mereka berada di lingkaran 40 juta pemilih pemula di seluruh Indonesia, sementara target partisipasi Pemilu 2019 sebesar 77,5 persen. Maka, KPU Mura mengundang perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tingi (BEM PT).

Komisioner KPU Provinsi Sumsel, Hepriyadi mengatakan kegiatan sosialisasi bertujuan memberikan informasi kepemiluan pada pemilu 2019 agar bisa tersampaikan ke seluruh masyarakat.

Menurutnya, salah satu syarat untuk terdaftar dalam DPT adalah memiliki KTP Elektronik (KTP-El). Kemudian, untuk mendapatkan informasi sudah terdaftar atau tidak sebagai pemilih dapat dilihat melalui pengumuman yang sudah dilakukan KPU.

“Ini perlu dicermati, karena jika ada yang belum terdaftar bisa didaftarkan ke petugas penyelenggara Pemilu. Maka, diperlukan partisipasi aktif masyarakat,”katanya.

Maka dari itu, dirinya berharap agar sosialisasi yang sudah dilakukan, bisa disampaikan kembali ke masyarakat. Kemudian, disampaikan kembali ke teman-teman organisasi, begitu seterusnya.

“Sehingga, masyarakat paham dan mengerti bahwa pada hari Rabu 17 April 2019 ada kegiatan besar yaitu pemilu 2019,” harapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Mura, Dasril Ismail, mahasiswa harus jadi agen sosialisasi Pemilu 2019, baik Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg). Sebab, melalui para mahasiswa, Pemilu dapat dengan mudah tersebar baik melalui forum diskusi maupun media sosial, karena mereka merupakan pemilih milenial.

“Semoga mahasiswa mampu menjadi agen-agen pemilu, yang nanti meneruskan makna sosialisasi tentang Pemilu ini,” kata Dasril. (aku)

Rekomendasi Berita