oleh

Tingkatkan Ketahanan Keluarga, Peringatan Hari Ibu ke-90 Meriah

DINAS Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengadakan peringatan Hari Ibu ke–90 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan ke–19 sangat meriah. Acara dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Mura, Kelurahan Jogoboyo Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Selasa (18/12).

Dihadiri Wakil Bupati Mura Hj Suwarti, Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hj Noviar Gunawan, Forum Anak Mura, seluruh Camat se-Kabupaten Mura, Organisasi Forum Perempuan Mura Sempurna dan segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mura.

Narasumber dari Universitas Trisakti Jakarta, Sarffilianty memberikan materi kepada seluruh perempuan yang hadir dalam acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke–90 dan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke–19. Acara dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Mura, Kelurahan Jogoboyo Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Selasa (18/12).

Kemudian dihadiri narasumber dari Ketua TP PKK Mura, Hj Noviar Marlina Gunawan, Universitas Trisakti Jakarta Sarffilianty. Dan Asdap Perlindungan Hak Perempuan dalam Situasi Darurat dan Kondisi Khusus, Nyimas Atiah.

Kegiatan tersebut dengan tema “Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-laki Dalam Membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa“.

Kepala DPPPA Mura, Ahmadi Zulkarnain menjelaskan tema yang diambil dengan melihat situasi dan kondisi saat ini. Karena berbagai persoalan sosial saat ini marak terjadi, dan berdampak kepada kehidupan masyarakat khususnya perempuan dan anak.

Wakil Bupati Mura, Suwarti (kiri) dan Ketua PKK Mura, Hj Noviar Gunawan (kanan) saat selesai pemotongan nasi tumpeng dalam acara peringatan Hari Ibu ke–90 dan Hari Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan ke–19. Acara dipusatkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Mura, Kelurahan Jogoboyo Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Selasa (18/12).

Tentunya diperlukan berbagai cara untuk dapat mencegahnya, peran keluarga menjadi salah satu yang diharapkan dapat menjadi bagian utama untuk mencegah terjadinya kekerasan melalui penanaman nilai karakter dan budi pekerti.

Sedangkan tujuan acara itu, untuk mendorong terwujudnya kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Diharapkan, semoga dapat meningkatkan peran serta instansi pemerintahan dan non pemerintah, untuk menempatkan perempuan pada posisi pengambilan yang responsif,” harap Ahmadi sapaannya.

Wabup Mura, Suwarti mengucapkan terima kasih kepada semua perempuan yang ada di Mura. Mereka telah banyak memberikan kemajuan bagi Kabupaten Mura, sehingga kedepannya Mura tidak lagi menjadi kabupaten tertinggal.

Bahwa perempuan di Kabupaten Mura saat ini telah berjuang, memberikan yang terbaik bagi keluarga maupun untuk kemajuan daerah.

“Diharapkan dalam PHI ini dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan perempuan,” harapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita