oleh

Tindakan Polisi Sudah Tepat

Analisa Pengamat Hukum

Pengamat Hukum Regional, Rahmat Setiawan berkomentar soal kasus ditangkapnya warga karena menyimpan Senjata Api Rakitan (Senpira) yang dilakukan anggota Polsek Jayaloka, itu sudah tindakan yang benar.

“Tindakan polisi sebagai aparat penegak hukum itu sudah benar. Sebab apabila tidak dilakukan tindakan takutnya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ataupun negatif khususnya dengan kriminalitas tidak menutup kemungkinan terjadi pembunuhan akibat Senpira itu,” kata Rahmat Setiawan, Rabu (8/11) saat dikonfirmasi melalui telepon.

Rahmat Setiawan menjelaskan, apabila ada warga ataupun masyarakat beranggapan kalau menyimpan Senpira sebagai alat untuk jaga diri, itu hanya alasan.

“Karena apa saat ini sudah ada aparat penegak hukum baik Polisi maupun TNI. Apabila memang merasa terancam ataupun tertekan keselamatan bisa melaporkan kepada aparat penegak hukum,” jelas Rahmat Setiawan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, apalagi saat dilakukan penangkapan kepada dua tersangka sebelumnya sudah diperingatkan dan diberikan sosialisasi bagi yang menyimpan Senpira agar segera diserahkan dan tidak akan diproses secara hukum.

“Namun, mengapa tersangka masih bandel untuk menyimpan Senpira. Yang bisa dikatakan tidak ada manfaatnya dan fungsinya, kecuali bagi pelaku kejahatan,” tutupnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita