oleh

Timgab Ringkus Kurir Narkoba Asal Medan

500 Butir Ekstasi Diamankan

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Berakhir sudah sepak terjang, AS (45) kurir narkoba jenis ekstasi. Mengapa? Minggu (29/4) pukul 23.30 WIB, warga Kota Medan Provinsi Sumatara Utara (Sumut) ini diringkus Tim Gabungan (Timgab) BNN Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Sat-Brimob Den B Pelopor Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Tersangka diringkus di depan SPBU Bukit Beton Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas.

Sebelumnya petugas sudah mendapatkan informasi, bahwa ada seorang kurir narkoba, dengan menumpang salah satu bus, akan melintas di daerah ini.

Saat bus yang diinformasikan lewat, tim gabungan langsung memberhentikan bus yang ditumpangi tersangka. Lalu petugas melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap tersangka AS. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan 500 butir pil ekstasi berwarna merah logo S dalam plastik klip.

Barang itu ditemukan petugas yang melakukan penggeledahan di tempat-tempat duduk tersangka. Selain menemukan ekstasi, petugas juga menyita uang Rp 500 ribu pecahan seratus ribu serta tiga handphone milik tersangka.

Menurut Kepala BNN Kabupaten Musi Rawas, Hendra Amoer, dibekuknya tersangka bermula dari informasi warga, sekaligus hasil pengembangan penyelidikan dilakukan personel berantas BNN Provinsi Sumsel. Lalu pihaknya berkoordinasi personel Brimob Den B Pelopor.

Mendapat informasi itu Komandan Detasemen (Kaden) AKBP Eko Yudi Karyoto bekerja sama dengan BNN Musi Rawas menggelar giat razia di depan SPBU Bukit Beton, Jalinsum STL Ulu Terawas.

Berselang 30 menit, petugas melangsungkan pemberhentian setiap kendaraan roda empat yang melintas dan dilanjutkan dengan pemeriksaan, serta penggeledahan terhadap penumpang dan barang bawaannya. Kemudian saat petugas melakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap salah seorang penumpang bus dari Kota Medan Sumut, mereka berhasil menemukan bungkusan plastik klip berisi ratusan butir pil ekstasi.

Selanjutnya, tersangka AS berikut Barang Bukti (BB) 500 butir ekstasi langsung diangkut ke Kantor BNN Musi Rawas di Muara Beliti, guna pemeriksaan lebih lanjut.

“Razia ini merupakan tindak lanjut dari BNN Provinsi Sumsel, lalu melakukan koordinasi dengan Brimob. Lebih kurang satu minggu kita melakukan penyelidikan, kita berhasil menangkap tersangka saat menggelar razia di depan SPBU Bukit Beton, berikut dengan BB 500 butir ekstasi,” jelas Hendra Amoer.

Hendra Amoer menambahkan, setelah diinterogasi tersangka mengakui barang tersebut miliknya yang berasal dari Aceh. Barang itu titipan dari seseorang, AS hanya mendapatkan uang jalan alias upah. Setiap, setiap butir ekstasi tersangka AS mendapatkan upah sekitar Rp 50 ribu, artinya AS mendapatkan upah Rp 25 juta.

Saat ini tersangka, masih ditahan di Kantor BNN Musi Rawas, guna pemeriksaan pengembangan lebih lanjut. Tersangka disangka melanggar Pasal 112 ayat (2) pasal 114 ayat (2) pasal 113 ayat (2) Undang-Undang (UU) Narkotika No 35 Tahun 2009, dengan ancaman 15 tahun penjara denda Rp 5 miliar. (03)

Rekomendasi Berita