oleh

Tim TNKS Temukan Jerat Rusa

Dugaan Muncul Perambah Baru

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Anggota tim patroli rutin  Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah Rejang Lebong menemukan jerat hewan liar. Lokasinya berada dalam kawasan TNKS.

“Ada beberapa jerat ditemukan saat kita melakukan patroli,” jelas anggota tim Patroli TNKS wilayah Rejang Lebong, Insan Ramdani dikonfirmasi Jumat (6/4).

Dijelaskan Insan, jerat yang ditemukan petugas dalam kawasan TNKS tersebut bukan jerat harimau, melainkan diduga untuk jerat rusa maupun babi.

“Dilihat dari jeratnya, sepertinya untuk jerat rusa ataupun babi,” tutur Insan.

Ia meneruskan patroli dilakukan selama lima hari mengelilingi sejumlah titik kawasan TNKS Bukit Kelam. Letaknya tak jauh dari Kecamatan Selupu Rejang. Selain jerat rusa dan babi, sambungnya, petugas juga menemukan sejumlah aktivitas diduga dilakukan oknum pemikat burung.

“Yang banyak ditemukan aktivitas pemikat burung, kita menemukan sejumlah alat pikat dan tempat peristirahatan oknum pemikat burung,” jelasnya.

Untuk aktivitas perambahan, kata Insan, ditemukan dua titik perambahan baru.

“Kalau untuk perambahan baru ada dua titik kita temukan, lokasi yang dirambah dengan lebar antara 2 hektare sampai 5 hektare. Namun kita tidak menemukan oknum perambah berada di kawasan itu,” papar Insan berharap, patroli rutin dilakukan untuk mengantisipasi adanya perambahan lahan, illegal logging dan perburuan satwa.

“Apapun alasannya, tidak diperbolehkan mengambil atau beraktivitas dalam hutan kawasan TNKS, kita akan terus melakukan patroli rutin meminimalisir terjadinya hal-hal yang bisa merusak kawasan TNKS,”katanya. (09)

Rekomendasi Berita