oleh

Tim Loka POM Lubuklinggau Awasi Jajanan Sekolah

LINGGAU POS ONLINE – Sejak 17 September 2019 Tim Loka POM Lubuklinggau kunjungan ke beberapa SD. Untuk melakukan pengawasan pangan jenis jajanan sekolah.

Hal itu dibenarkan Kepala Loka POM Lubuklinggau, Afdil Kurnia, kemarin. Dalam pengawasan itu, Tim Loka POM Lubuklinggau mengambil sampling pangan jajanan anak sekolah yang dijual di kantin sekolah dan pedagang di sekitar sekolah.

Hasil uji dari semua jajanan yang kami sampling ternyata aman dari bahan berbahaya (bebas bahan berbahaya). Pembinaan juga dilakukan kepada pedagang untuk selalu ingat Cek KLIK (Cek kemasan, label, izin edar & kedaluwarsa) sehingga produk yang dijajakan untuk anak sekolah aman untuk dikonsumsi.

Diantara sekolah yang sudah dicek jajanan sekolahnya, antara lain SDN 57 Lubuklinggau, SDN 63 Lubuklinggau, SDN 41 Lubuklinggau, SDN 42 Lubuklinggau, dan SDN 46 Lubuklinggau.

Tim melakukan uji terhadap sampel jajan anak sekolah dengan empat parameter yaitu formalin, boraks, methanyl yellow, dan juga rhodamin b. Dari hasil pengujian yang dilakukan tidak ditemukan sampel pangan jajan anak sekolah yang positif mengandung bahan berbahaya tersebut. Selain melakukan uji kita juga memberikan pembinaan terhadap penjual yang berada di lingkungan sekolah.

Laporan Sulis

Rekomendasi Berita