oleh

Tim Disnakan akan Periksa Hewan Kurban

MUSI RAWAS – Tim Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Musi Rawas (Mura) akan turun mengecek kesehatan hewan kurban yang ada di pengepul. Yakni, di wilayah Kecamatan Tugumulyo, Megang Sakti dan Purwodadi. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang dijual pengepul dalam keadaan sehat. Demikian disampaikan Plt Dinas Pertanian dan Peternakan, Tohirin melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura, Marzuki, Selasa (30/7).

Ia menjelaskan berdasarkan pengalaman sebelumnya, saat petugas melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban yang dijual pengepul, tidak ada penyakit serius pada hewan kurban yang mereka jual.

“Penyakit serius gak kita temukan. Bisa dipastikan semua ternak yang dijual pengepul layak untuk kurban,” katanya.

Bahkan, untuk memastikan hewan yang beredar di pasaran layak untuk kurban dan terhindar dari penyakit yang berbahaya, ketika akan mendekati Hari Raya Idul Adha, tim petugas akan kembali turun untuk melakukan pengecekan, dengan harapan tidak ada hewan yang sakit dijual pengepul.

Di tempat terpisah, Weki (40) salah satu penjual kambing di Desa D Tegal Rejo, Kecamatan Tugumulyo mengatakan kalau kambing-kambing yang dijualnya bagus dan layak untuk kurban.

“Kita menjual kambing yang bagus dan sudah memenuhi syarat untuk kurban, dengan harpa Rp 2 juta sampai Rp 3 juta per ekor,” katanya.

Terkait adanya pengecekan yang akan dilakukan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mura, terhadap setiap hewan yang dijual pengepul. Ia menjelaskan siap bila hewan yang dijualnya dicek kesehatannya oleh tim yang turun, karena dirinya memang menjual hewan kurban yang berkualitas.

“Silakan dicek, kalau ada yang sakit atau tidak layak konsumsi akan ditarik dari penjualan,” jelasnya. (aku)

Rekomendasi Berita