oleh

Tim Aset Lakukan Pengawasan

LINGGAU POS ONLINE– Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) bersama Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Sat Pol PP, Camat dan Lurah belum lama ini lakukan pengawasan. Pengawasan ke salah satu aset yang baru diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura).

Pengawasan kali ini dijelaskan Kepala DPMPTSP Kota Lubuklinggau, Hendra Gunawan dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari warga, kalau ada salah satu aset yang baru diserahkan Pemkab Mura di Kelurahan Batu Urip Taba terkena bangunan yang dibangun oleh warga.

Untuk itu ia bersama tim aset, Kepala BPKAD Lubuklinggau Imam Senen, perwakilan Sat Pol PP, Camat Lubuklinggau Timur I Henny Fitrianty dan Lurah Batu Urip Sahrin datang langsung melihat aset tersebut.

“Pengawasan ini dilakukan, untuk memastikan aset yang baru diserahkan ini aman. Kita memastikan pembangunan di sebelah aset itu apakah benar di luar aset atau tidak. Setelah dikroscek ternyata warga yang membangun pagar tepat di sebelah aset Pemkot tersebut, memiliki sertifikat dari BPN,” jelas Hendra Gunawan.

Aan sapaan akrabnya ini menegaskan tim aset tinggal menunggu data terkait luas aset tersebut.

“Kalau memang pembangunan tersebut menggunakan aset pemerintah, ya terpaksa kita minta bongkar. Tetapi kalau tidak menggunakan aset ya silakan warga yang bersangkutan meneruskan pembangunan yang mereka lakukan,” tegasnya.

Sejauh ini diakui Aan, baru satu kasus seperti ini yang mereka dapati. Namun kejadian ini, diharapkannya menjadi perhatian dan pembelajaran bagi warga lainnya. 55 aset lainnya yang sudah diserahkan oleh Pemkab Mura, juga menjadi pantauan dan pengawasan mereka saat ini.

“Kalaupun ada kejadian yang sama, segera laporkan ke tim aset Pemkot. Jangan sampai setelah selesai membangun, baru tahu kalau yang dibangun memakai aset milik pemerintah. Karena mau tidak mau akan dibongkar, kan kasihan. Segera lapor kita kroscek, kalau memang tidak memanfaatkan aset silakan bangun,” imbaunya.

Laporan Riena Fitriani Maris

Rekomendasi Berita