oleh

Tilep Gaji Buruh DMIL, Redi DItangkap Polisi

LINGGAUPOS.CO.ID – Petugas Sat Reskrim Polres Musi Rawas Utara (Muratara), Kamis (3/6/2021) sekitar pukul 10 00 WIB, menangkap Redi Konsasi (32) warga Desa Pantai  Kecamatan Muara Rupit  Kabupaten Muratara.

Redi ditangkap saat sedang berada di areal perkantor Pemkab Muratara, karena diduga melakukan penipuan terhadap buruh PT Dendy Marker Indah Lestari (DMIL), pada 16 Nopember 2019 lalu. Menyebabkan kerugian hingga Rp85.637.032.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto melalui Kasat Reskrim AKP Dedi Rahmat Hidayat menjelaskan, tersangka Redi Konsasi melalui tipu muslihat menguasai dan memiliki uang hasil gaji para buruh PT DMIL.

“Gaji buruh dikirimkan perusahaan ke rekening tersangka sebesar Rp85.637.032. Seharusnya gaji tersebut dibayarkan kepada yang berhak atau buruh tani yang bekerja di PT DMIL, ternyata tidak disalurkan ke yang berhak,” jelas Kasat.

Setelah mendapatkan uang itu,  ternyata dihabiskan oleh tersangka untuk kepentingan dirinya sendiri. “Tersangka pernah mendatangi para korbannya, dengan niat membayarnya dan akan tetapi hanya kebohongan untuk menyakinkan korbannya,” tambah mantan Kapolsek Muara Kelingi ini.

Karena tidak mendapatkan haknya, kemudian para buruh melapor ke Polres Muratara. Selanjutnya berdasarkan laporan korban, petugas mencari tersangka.

“Dalam pengejaran, tersangka selalu menghindar. Hingga tadi pagi didapatkan informasi, tersangka sedang berada di Pemkab Muratara untuk ikut serta dalam kegiatan. Kami langsung melakukan penangkapan tanpa perlawanan,” ia menjelaskan.

Sementara itu, tersangka dihadapan petugas mengakui telah melakukan tipu muslihat dan benar uang gaji para buruh dikuasai dan untuk dimilikinya secara tidak sah.

Dalam kasus ini, petugas juga mengamankan barang bukti berupa sebundel surat perjanjian kontrak, surat pemberitahuan transfer, mobil dan seundel memorandum regional.(*)

Rekomendasi Berita