oleh

Tiga Singa Buru Tiket Knock-Out

NIZHNY NOVGOROD – Inggris berada di posisi runner-up B dengan tiga poin sementara Panama yang nihil poin menjadi juru kunci. Namun yang pasti, status unggulan akan membuat Inggris diharapkan sudah bisa mengunci tiket ke fase gugur kala menjalani matchday kedua di babak grup Piala Dunia 2018 yang dihelat pada Minggu (24/6) malam WIB di Nizhny Novgorod Stadium. Sang debutan Panama memang bukan lawan yang sebanding untuk Tiga Singa namun mampukah mereka menghadirkan kejutan? Simak prediksi Inggris vs Panama berikut ini.

Berangkat ke Rusia sebagai skuat dengan rataan umur termasuk yang paling muda, Inggris justru diklaim punya start yang cukup baik di Piala Dunia 2018. Di putaran pertama fase grup, Tunisia mampu mereka hempaskan dengan skor 2-1. Meski tidak terlalu meyakinkan karena butuh gol telat dari Harry Kane namun usaha The Three Lions tetap patut diapresiasi.

Slogan yang diiringi doa serta harapan yakni ‘football is coming home’ yang didengungkan oleh para pendukungnya tiap turnamen besar digelar mungkin masih akan membebani mental para pemain Inggris. Akan tetapi hal tersebut juga bisa dijadikan sebagai motivasi. Terlebih mereka sudah tidak pernah lagi merasakan manisnya trofi sejak 1966.

Pemain belakang timnas Inggris, Kyle Walker meyakini bahwa Panama tidak akan jadi lawan yang mudah dikalahkan. Sebab, Panama selama ini punya gaya bermain sepakbola lebih mengandalkan kekuatan fisiknya.

Meskipun di atas kertas Inggris lebih diunggulkan, Walker sama sekali tidak ingin bersikap jemawa. Bahkan, pemain belakang berusia 28 tahun melihat sang lawan punya beberapa kelebihan yang patut untuk diwaspadai oleh rekan-rekannya.

Salah satu hal yang begitu diwaspadai oleh Walker adalah kegemaran pemain Panama mengandalkan fisiknya. Akan ada banyak duel yang terjadi. Selain itu, anak asuh Hernan Gomez juga bermain lebih pragmatis.

“Kami sudah menyaksikan beberapa cuplikan pertandingan mereka dan kami tahu kalau mereka mengandalkan kekuatan fisik,” buka Walker.

“Panama mungkin bermain lebih direct dibanding Tunisia. Jadi kami harus sedikit mengubah rencana kami dan memikirkan segala ancaman yang akan mereka berikan,” sambungnya.

Meskipun mengaku waspada dan melihat Panama punya potensi mengejutkan, tapi Walker menegaskan sama sekali tidak gentar. Pemain asal klub Manchester City tersebut merasa bahwa Panama harusnya takut karena harus berjumpa Inggris.

“Mereka yang harusnya merasa lebih khawatir dibanding kami. Kami punya pemain-pemain penting di lapangan yang bisa melakukan banyak hal kapan pun.”

“Jadi, kami akan mempertahankan gaya permainan yang telah kami terapkan selama persiapan jelang Piala Dunia. Saya rasa, kami akan berada dalam kondisi baik-baik saja. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” tutup Walker.

Sementara itu Panama sebagai negara debutan di ajang akbar empat tahunan ini dipastikan akan tampil tanpa beban. Keberhasilan mereka mengungguli Amerika Serikat dan Honduras sejak di masa kualifikasi zona Concacaf sejak sudah layak diacungi jempol.

Dengan para pemain yang sudah cukup uzur dan menjadi yang tertua dari rataan usia bersama Kosta Rika (29,6) tidak akan ada yang bersumpah-serapah apabila Panama harus pulang cepat dari Eropa. Terlebih kini di Grup G mereka sudah jadi juru kunci pasca dibantai Belgia 3-0.

Panama memang mengandalkan nama-nama pemain berusia matang di Piala Dunia kali ini namun bukan berarti mereka tidak percaya pada darah muda. Di skuat Los Canaleros saat ini masih terdapat Fidel Escobar, bek 23 tahun yang sudah bisa menembus starting XI.

Pemain yang dipanggil dari New York Red Bulls tersebut dibekali dengan mental baja sehingga bisa tampil maksimal di bawah tekanan. Contohnya saja kala menghadapi Belgia lalu enam tekel sukses berhasil dicatatkan Escobar atau paling banyak di antara pemain lain di laga tersebut.

Di saat Panama tampaknya bisa turun dengan kekuatan terbaiknya walau sempat terganggu berita cederanya Roman Torres, Inggris justru sebaliknya. Kemungkinan besar sang favorit tidak akan bisa memainkan Dele Alli yang diterpa cedera otot paha.

Namun bagi pelatih Gareth Southgate ini bukanlah masalah besar karena skuatnya punya kedalaman yang cukup baik. Ia bahkan bisa melakukan sedikit rotasi demi tim yang lebih bugar jelang penentuan juara grup melawan Belgia.

Dengan pakem 3-5-2 Ruben Loftus-Cheek bisa dijadikan pengganti Alli. Sterling juga bisa diistirahatkan guna memberi ruang pada Rashford juga Jesse Lingard.

*** Prediksi Skor Inggris Vs Panama

Ambisi dan materi skuat yang lebih wah akan membuat Sepakbola.com lebih menjagokan Inggris atas Panama. Bahkan kami percaya jika skor 3-0 bisa terjadi di Nizhny Novgorod Stadium.

Tidak adanya data yang memadai soal kekuatan satu sama lain mengingat ini adalah duel perdana The Three Lions melawan Los Canaleros membuat partai layak disimak. Pasalnya Panama bisa jadi salah satu tolak ukur kesiapan Inggris untuk kembali berprestasi. (Net/02)

Rekomendasi Berita