oleh

Tiga Rumah Ludes Terbakar

Kepala BPBD Empat Lawang, M Taufik
“Saya mengimbau kepada pemerintah desa terutama kades agar memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk menyiapkan mesin pompa Air untuk antisipasi kejadian kebakaran. ….”

BPBD Kesulitan Jangkau Lokasi

EMPAT LAWANG – Tiga rumah panggung milik warga di Desa Gelanggang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang habis terbakar, Rabu (23/1) sekira pukul 01.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa pada musibah kebakaran tersebut. Namun akibat kebakaran itu, nyaris tidak ada barang berharga yang bisa diselamatkan oleh pemilik rumah karena kejadian pada malam hari warga sedang lelap tertidur.

Selama satu jam warga setempat berjibaku memadamkan api dengan mesin pompa untuk memadamkan api. Sementara tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang tidak bisa menjangkau lokasi karena berada di seberang sungai dan hanya bisa dijangkau melewati jembatan gantung.

Tiga rumah habis terbakar itu milik Zaini, Herman Tati, dan Seri.

Warga setempat Asan mengatakan tiga rumah panggung habis terbakar.

“Yang paling miris ada satu keluarga korban dengan dua anak-anak yang masih sekolah. Karena semua peralatan sekolah mereka juga habis ikut terbakar, pada musibah ini jelas sangat berharap akan adanya bantuan dari perintah daerah Empat Lawang,” tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang, M Taufik saat di konfirmasi via telepon membenarkan kejadian tersebut.

“Iya, kami sudah menerima laporan tentang kejadian kebakaran rumah masyarakat di Desa Lubuk Gelanggang tadi malam,” jelasnya.

Hanya saja, kata dia, Petugas Pemadam Kebakaran dari BPBD tidak bisa menjangkau lokasi kebakaran karena letak desa berada di seberang sungai, aksesnya hanya bisa dijangkau dengan melewati jembatan gantung. Kalaupun mau melewati jalan poros, masih tanah sehingga tim tidak bisa membantu melakukan pemadaman.

Belajar dari kejadian tersebut ia mengimbau kepada pemerintah desa terutama kades agar memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk menyiapkan mesin pompa Air untuk antisipasi kejadian kebakaran.

“Tidak hanya satu Desa Gelanggang saja, desa lain di Kecamatan Tebing Tinggi juga harus punya mesin pompa di desa. Seperti di Desa Sugi Waras, Desa Batu Pance dan Desa Batu Raja itu sulit dijangkau,” pesannya.

Kapolsek Tebing Tinggi, Kompol Hardiman mengatakan pihaknya sampai saat ini belum menerima laporan kejadian kebakaran di Desa Lubuk Gelanggang

“Nanti kami minta anggota cari informasi. Karena di situ juga susah signal. Kami belum tahu karena kades juga tidak ada laporan ke kami, ” kata Hardiman. (key)

Rekomendasi Berita