oleh

Tiga Rumah di Empat Lawang Terkena Longsor

LINGGAU POS ONLINE- Curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Empat Lawang dalam beberapa hari terakhir, mengakibatkan terjadi bencana longsor di tebingan Desa Tanjung Raya Kecamatan Pendopo Barat. Akibatnya, tiga rumah di sana terkena longsor.

Dari data yang didapat dari tiga rumah tersebut, dua rumah rusak berat yakni milik Faisol Lani dan Hatam serta satu rusak ringan, rumah milik Arlan.

Setelah kejadian longsor, warga bergotong royong bersama pihak Polsek Pendopo dan Damkar Kecamatan Pendopo membersihkan ketiga rumah korban dengan menggunakan alat seadanya, dan satu unit Mobil pemadam kebakaran untuk membersihkan sisa-sisa longsor yang menimpa rumah warga tersebut.

“Kejadiannya Sabtu (21/12) sekitar pukul 03.00 WIB. Sebelumnya sudah hujan deras, lalu saya membersihkan rumah karena kebanjiran setelah selesai saya tidur lagi. Setelah itu saya terbangun dan mendengar suara gemuruh, setelah dilihat ternyata tanah di belakang rumah longsor, Bahkan saya sempat tertimpa tembok,” kata Mardiana (35), istri Hatam salah seorang korban longsor, kemarin (22/12).

Akibat kejadian tersebut warga mengalami kerugian mencapai puluhan juta, dan salah satu anak mereka mengalami trauma akibat tertimpa reruntuhan longsor.

“Anak saya bernama Okta Nopitasari (12) tertimpa tembok saat tidur, untungnya cuma tergilir saja. Tapi sekarang ini kondisi mentalnya masih trauma,” ungkap Mardiana.

Sementara korban lain Faisol Lani mengungkapkan, rumah miliknya rusak paling parah dari korban lainnya.

“Dinding belakang rumah kami ambruk semua, bahkan lemari es, TV, mesin cuci, genset, mesin air semuanya rusak,” ungkap Faisol.

Untuk itu Faisol berharap kepada pemerintah Kabupaten Empat Lawang, agar segera memberikan bantuan.

Kapolsek Pendopo, Iptu Hariyanto pasca kejadian longsor mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di daerah yang rawan bencana, baik longsor ataupun banjir agar selalu waspada dan berhati-hati.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan pemerintah desa agar melakukan imbauan kepada masyarakat yang berada di daerah rawan, agar selalu waspada selama musim hujan,” imbaunya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita