oleh

Tiga Puskesmas Tidak Memiliki Dokter

LINGGAU POS ONLINE, CURUP- Dari 21 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tersebar di 15 kecamatan dalam Kabupaten Rejang Lebong, tiga Puskesmas belum memiliki dokter. Tiga Puskesmas itu yakni, Puskesmas Kepala Curup, Puskesmas Tanjung Agung dan Puskesmas Beringin Tiga

Hal itu dibenarkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir, Jumat (29/6). Untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter khususnya pada tiap Puskesmas tersebut, pihak Dinkes Kabupaten Rejang Lebong sudah berupaya memenuhi kebutuhan tenaga dokter salah satunya dengan merekrut tenaga dokter sukarela.

“Kita anggarkan untuk tenaga dokter sukarela, untuk dokter sukarela ini kita beri “uang senyum” Rp 2,5 juta, kita tunggu siapa yang mau, ada beberapa dokter yang sudah masuk,” kata Syamsir.

Selain tiga Puskesmas yang tidak memiliki dokter, beberapa Puskesmas lainnya juga masih kekurangan tenaga dokter.

“Untuk Puskesmas Kampung Delima sudah ada dan di-backup oleh Puskesmas Kampung melayu, kemudian Puskesmas beringin tiga juga dapat bantuan dari Puskesmas Sindang Jati, kemudian Puskesmas bangun jaya dibantu dari Puskesmas Kampung Melayu dan beberapa Puskesmas lainnya,” paparnya.

Idealnya, dalam satu Puskesmas setidaknya memang harus memiliki tenaga dokter.

“Kalau untuk Puskesmas rawat jalan membutuhkan tenaga dokter satu, dan untuk Puskesmas rawat inap paling tidak membutuhkan tenaga dokter dua,” katanya.

Ia mengaku, dalam memenuhi kebutuhan tenaga dokter, pihaknya terus berulang kali mengusulkan dalam penerimaan CPNS dan lainnya. Namun belum terpenuhi.

“Kalau kita usulkan terus,” tambahnya.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas, sambungnya, pihaknya tetap melakukan pelayanan terbaik dengan sumber daya yang ada. (09)

Rekomendasi Berita