oleh

Tiga Provokator Lahan Damri Dilimpahkan

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Tiga diduga provokator kasus lahan Damri atas lahan seluas 1,5 hektare di Jalan Mayor Toha, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Lubuklinggau.

Tiga orang ini adalah Sarbini (40), Amruzi Irawan alias Yancik (51), Ahmad Syapni Jupiandri (36). Mereka semua warga Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Rabu (7/2).

Kajari Lubuklinggau, Hj Zairida didampingi Kasi Pidum, Hapit melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU), Anton Sujarwo menerima limpahan tersebut, dan langsung dilakukan pemeriksaan awal.

“Berkas terdakwa Sarbani sudah lengkap atau P21, maka dalam waktu dekat terdakwa akan segera disidang,” kata Anton Sujarwo, Kamis (8/2)

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan terdakwa diduga telah melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan melawan pegawai negeri melakukan pekerjaan salah menurut hukum.

“Kita akan membuktikan itu di persidangan, untuk melakukan proses selanjutnya tinggal dipersidangkan yang dapat menentukan perbuatannya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini pihaknya belum bisa menentukan berapa hukuman yang bakal dijatuhkan dalam surat tuntutan, karena akan melihat peran terdakwa mengenai hal ini.

“Fakta persidangan merupakan dasar kita untuk menjatuhkan surat tuntutan,” jelasnya.

Kronologis kejadian yang membuat terdakwa harus mendekam di penjara bermula pada saat proses eksekusi lahan PT Damri pada Rabu (20/12/2017) lalu, atas lahan seluas 1,5 hektare di Jalan Mayor Toha, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Ketiga tersangka menjadi provokator melakukan penyerangan terhadap aparat saat melakukan eksekusi lahan tersebut.

Kemudian, saat aparat sedang melakukan eksekusi tersangka sempat melakukan perlawanan dengan cara melempar bom molotov dan bambu runcing mengakibatkan beberapa aparat terluka.

Lalu, melihat beberapa aparat terluka anggota melakukan penyerangan balik dengan melakukan penembakan gas air mata, dan akhirnya berhasil mengamankan tiga provokator.(19)

Komentar

Rekomendasi Berita