oleh

Tiga Pasien Baru Terkonfirmasi Positif Corona di Sumsel, Total Jadi 5 Pasien, 2 Meninggal

LINGGAUPOS.CO.ID – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 kembali bertambah. Berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sore ini, total pasien terkonfirmasi di Sumsel berjumlah lima orang.

Adapun penambahan tiga pasien baru tersebut, yakni, laki-laki asal OKU usia 62 tahun, satu warga Ogan Komering Ilir (OKI), dan satu lagi warga Prabumulih. Ketiganya saat ini masih menjalani perawatan intensif di RSMH Palembang. Sedangkan, untuk dua pasien lainnya sudah meninggal dunia pada 23 Maret lalu.

Menurut Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumsel, Prof Yuwono, ketiga pasien baru ini merupakan kasus impor dan transmisi lokal. Dimana, pasien asal OKU dan OKI terpapar virus corona saat melakukan perjalanan ke daerah pandemi Covid-19.

“Khusus untuk pasien asal Prabumulih ini, dia merupakan tenaga kesehatan yang merawat awal pasien 02 yang telah meninggal dunia pada saat di Prabumulih beberapa waktu lalu,” terang Yuwono melalui pesan whatsaap, Selasa (31/3).

Menurutnya, penentuan kasus positif ini awalnya berdasarkan hasil uji polymerase chain reaction (PCR) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. Kemudian setelah hasil dinyatakan positif, sampel dikonfirmasi ulang ke Balitbangkes di Jakarta.

“Setelah hasil laboratorium dinyatakan sama, maka barulah dapat dipastikan atau terkonfirmasi jika sampel itu positif Covid-19,” pungkasnya.(*)
Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita