oleh

Tiga Pasar di Lubuklinggau Dijadikan Kawasan Tertib Covid19

LINGGAUPOS.CO.ID – Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe dan Forkompinda, hari ini (Sabtu, 9/5/2020) akan mensurvey Pasar Inpres, Pasar Bukit Sulap dan Pasar Moneng, sebelum pemberlakuan pasar sebagai Kawasan Tertib Covid19 (KTC).

“Survey ke tiga pasar yang ramai di Kota Lubuklinggau, berkaitan dengan upaya menjadikan pasar sebagai KTC. Ini sudah dilakukan tinggal saya bersama forkompinda akan langsung mengecek ke pasar tersebut,“ jelas Wali Kota.

Dijelaskannya, ada beberapa hal yang akan dilakukan, pertama penertiban para pedagang seperti tempat mereka berjualan. Kedua memberikan sanksi tidak berjualan, jika tidak mengikuti aturan-aturan.

“Aturan-aturan yang sudah ada seperti menjaga jarak, pakai penutup wajah dan masker,” ujarnya.

Ketiga, lanjutnya, berkaitan dengan kerumunan di pasar, pihaknya akan membatasi jumlah pembeli yang masuk pasar. Keempat seluruh pembeli juga harus memenuhi yang sudah ada, kalau tidak sanksinya harus keluar dari pasar.

Kelima , Wali Kota juga akan mengatur bagaimana pembeli-pembeli dari  luar kota Lubuklinggau karena harus juga tertib dan mematuhi aturan yang ada.

“Semua ini kami lakukan untuk mencegah Covid, agar tidak menjadi lebih parah, karena akan lebih parah lagi kalau transmisi lokal corona ini terjadi di area pasar, sulit bagi tim medis untuk menelusuri semua ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wali Kota menyampaikan yang paling membahayakan lagi,  kalau kasus ini terjadi juga kepada masyarakat yang selama ini sudah punya riwayat sakit, seperti sesak nafas, diabetes, darah tinggi , jantung juga sakit-sakit yang sudah menahun maka reaksi corona ini akan lebih memperburuk kekuatan tubuh.

Karena itu, Wali Kota mengajak semua elemen berpartisipasi ikut menangani pemutusan mata rantai covid ini degan tidak keluar rumah jika tidak sangat penting, selalu pakai masker, sering-sering mencuci tangan degan sabun, menjaga pola makan sehat dan pola hidup bersih dan sehat, tetap tenang jangan panik namun  harus tetap waspada.(*)
Sumber rilis

Rekomendasi Berita