oleh

Tiga Objek Wisata Taba Remanik Dikembangkan

LINGGAU POS ONLINE – Ada tiga objek wisata air terjun di Desa Taba Remanik, Kecamatan Selangit yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura). Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata  (Disbudpar), Syamsul Joko Karyono melalui Kabid Parawisata, Widya kepada koran ini, Senin (12/8).

Tiga objek wisata tersebut diantaranya Curug Tinggi, Curug 12 dan Curug Maloco. Namun, objek wisata air terjun di desa tersebut sebenarnya ada delapan.

“Dikarenakan lima diantaranya jauh untuk dikunjungi, maka kita kembangkan yang dekat dulu,” kata Widya.

Sektor pariwisata ini mulai digalakkan pemerintah, karena pemerintah mampu menggalakannya. Sehingga dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta kemajuan daerah.

“Dengan dikembangkannya objek wisata itu, maka kita bisa menghasilkan PAD,” ucapnya.

Saat ini, objek wisata di “Bumi Lan Serasan Sekantenan” hanya ada satu objek wisata yang menghasilkan PAD, yakni Danau Aur. Sementara objek wisata yang lainnya, belum menghasilkan.

“Ya, saat ini hanya Danau Aur saja yang menghasilkan PAD, dimana biaya pengunjung masuk sebelumnya Rp2 ribu naik menjadi Rp3 ribu. Dan jika saat hari libur bersama, maka naik menjadi Rp5 ribu,” jelasnya.

Perlu diketahui, tempat wisata yang dikunjungi wisatawan di Kabupaten Mura yakni, Danau Aur, Danau Gegas, Bukit Cogong, Air Terjun Curug Panjang dan Air Terjun Curug Tinggi.

Kades Taba Remanik, Jamil mengatakan dirinya dan warga tentunya sangat bangga sekali. Jika objek wisata tersebut akan dikembangkan, karena dampak positifnya banyak sekali.

“Jika objek wisata sudah ramai dikunjungi, tentunya desa kami juga ramai dikunjungi wisatawan. Dan bisa meningkatkan perekonomian warga,” kata Jamil.

Ditambahkan, saat ini dari beberapa objek wisata itu hanya Air Terjun Curug Tinggi yang selalu ramai di kunjungi. Sebab, hanya air terjun tersebut yang ada jalan setapaknya.

“Ya, kita berharap semua objek wisata ini dapat dilalui jalan setapak, sehingga pengunjung mudah untuk berwisata,” harapnya. (dlt)

Rekomendasi Berita