oleh

Tiga Legislator Terancam Gagal Nyaleg

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Tiga legislator yang hijrah dari partai sebelumnya terancam tidak ikut Pemilu Legislatif di Kota Lubuklinggau 2018.

Pasalnya, sampai lima hari sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), tiga legislator itu harus menyerahkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian tetap.

Setidaknya surat pernyataan bahwa proses pemberhentian mereka sedang dalam proses, namun hal itu belum juga mereka lakukan.

Adapun Bacaleg yang loncat pagar alias pindah Partai Politik (Parpol), yakni H M Khoirul Umri dari PDIP loncat ke Partai Hanura maju di Dapil I, Kecamatan Lubuklinggau Barat I dan Barat II. Kemudian Wansari dari Partai Golkar pindah ke PDIP, juga maju di Dapil I. Selanjutnya, Lian Sumarni anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong dari Partai Hanura, ia hijrah ke Kota Lubuklinggau dan maju dari Partai Bulan Bintang, maju dari Dapil II, Kecamatan Lubuklinggau Utara I dan Utara II.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Teknis Gatot Widjianto menjelaskan, pihaknya sudah mengingatkan tiga legislator yang pindah Parpol tersebut.

Terutama, soal syarat yang harus mereka penuhi, yakni satu hari sebelum penetapan DCT yang akan dilakukan pada 20 September 2019, ketiganya harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Namun, kalau syarat tersebut belum juga dipenuhi maka ketiganya akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kami sudah ingatkan ketiganya, mungkin Senin (17/9) mereka menyerahkan syarat yang kurang tersebut,” jelas Gatot Widjianto, Sabtu (15/9).

Menurut Gatot sapaan akrabnya, dalam melaksanakan verifikasi berkas pencalonan pihaknya mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu 2018. Serta Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Kalau ada yang tidak memenuhi syarat seperti yang sudah ditetapkan dan peraturan, ya dengan berat hati kita batalkan dari pencalonan,”jelasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas Divisi Tehnis, Supriadi menjelaskan empat legislator yang pindah Parpol sudah melengkapi syarat pencalonan. Adapun syarat yang dilengkapi mereka bukannya SK pemberhentian tetap, tapi surat pernyataan kalau proses pengunduran diri mereka sedang dalam proses, dilengkapi dengan surat dari pimpinan DPRD Kabupaten Musi Rawas.

“Empat legislator yang pindah Parpol sudah memenuhi syarat pencalonan,” jelas dia.

Adapun empat legislator yang pindah Parpol tersebut adalah Insugiarto dari PKPI ke Partai Golkar, kemudian Wahisun Wais Wahid dari PBB menuju PDIP, selanjutnya Hj Desriniyati dari Partai Demokrat loncat ke Partai NasDem. Lalu, Hj Srie Wahyuni dari PDIP ke Partai NasDem. (aku)

Rekomendasi Berita