oleh

Tiga Desa Akan Dibangun Embung Air

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), memberikan bantuan pembangunan embung air. Bantuan itu diperuntukkan pada tiga desa di Kabupaten Musi Rawas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas, H Mefta Jhoni mengatakan bahwa pembangunan embung akan dilakukan pada Mei 2018.

“Untuk Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), hanya tiga desa yang mendapatkan bantuan embung dari Kemendes PDTT. Ketiganya dari Kabupaten Musi Rawas, yakni Desa Suka Makmur, dan Kota Baru Kecamatan BTS Ulu, serta Desa T Purwakarya Kecamatan Purwodadi,” kata H Mefta Jhoni, Senin (23/4).

Sedangkan satu desa tepatnya di Desa Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, yang telah dibangun sebagai Desa wisata. Mendapatkan bantuan penerangan jalan umum menuju embung.

“Untuk realisasinya, pembangunan embung diperkirakan pada Mei mendatang. Dana yang diberikan untuk pembangunan embung per-desa sebesar Rp. 270 juta,” ungkap H Mefta Jhoni.

Lebih lanjut, H Mefta Jhoni menjelaskan, bahwa memberikan apresiasi besar terhadap Kemendes PDTT, yang memberikan bantuan kepada tiga desa di Musi Rawas, untuk dilakukan pembangunan embung.

“Embung juga bisa dijadikan salah satu destinasi wisata air di Desa tersebut, yang dikelola dengan baik oleh BUMDes, dan seluruh lapisan masyarakat,” ujar H Mefta Jhoni.

Menurut H Mefta Jhoni, dengan adanya bantuan embung yang dibangun, sangat membantu dan sebagai solusi kendala pengairan persawahan, serta perkebunan yang ada di tiga Desa tersebut. Sehingga, dengan begitu, maka pendapatan masyarakat dapat bertambah.

“Pada dasarnya dengan adanya bantuan ini, disamping untuk menunjang pengairan persawahan dan perkebunan. Tentunya juga memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat perdesaan,” tutup H Mefta Jhoni. (04)

Rekomendasi Berita