oleh

Tiga Cabup Musi Rawas Berpeluang Diusung PAN

LINGGAU POS ONLINE- Kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas (Mura) telah mengembalikan formulir pendaftaran ke DPD PAN Mura untuk diusung pada Pilkada 2020 mendatang.

Kandidat yang mengembalikan formulir tersebut, tiga diantaranya untuk posisi Calon Bupati (Cabup) dan lima orang untuk posisi Calon Wakil Bupati (Cawabup). Mereka yang mengembalikan formulir Cabup, H Hendra Gunawan, Hj Ratna Mahmud Amin dan Firdaus Cik Olah. Sedangkan yang mengembalikan formulir Cawabup yakni HM Efni Pandai, Viktor Andrianto, Siska Marleni, Suwarti dan Wahyu Sumadi.

Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Calon Pilkada DPD PAN Mura, Saprian Rais mengatakan proses pendaftaran Cabup dan Cawabup di DPD PAN sudah ditutup pada 7 Desember 2019 lalu.

Saprin menjelaskan, saat ini pihaknya akan membuat pemetaan, kekuatan bakal calon yang telah mendaftar dengan melakukan survei internal. Setelah itu DPD PAN Mura akan membuat rekomendasi ke DPW PAN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), siapa saja yang layak dan pantas untuk diusung.

“Selanjutnya, secara berjenjang DPW PAN Sumsel juga akan merekomendasikan nama-nama Cabup dan Cawabup ke DPP PAN,” jelasnya.

DPD PAN Mura perlu melakukan koalisi di Pilkada yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020 mendatang. Untuk mengusung, minimal Parpol harus memiliki 8 kursi di parlemen, sedangkan PAN hanya memiliki 4 kursi.

“Kita akan penjajakan dengan Parpol lain, untuk melakukan pengusungan. Makanya, kita mempersiapkan kader untuk posisi Wakil Bupati,” ujarnya.

Meskipun demikian, DPD PAN Mura sangat objektif dalam menentukan pilihannya, karena baik kader maupun non kader akan diperlakukan sama, tidak ada yang istimewa. Karena, elektabilitas menjadi acuan dalam pengusungan, dan itu berlaku untuk semua kandidat yang telah mendaftar.

“Semua masih memiliki kesempatan yang sama, dan siapapun yang diusung nanti sudah jadi kewajiban kami di DPD untuk menjalankan putusan tersebut,” pungkasnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita